PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGRI 58 JAKARTA

MINARIA FRISCA, . (2011) PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGRI 58 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MINARIA PRISCA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Teams Games Tournament terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 58 Jakarta Timur. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian menggunakan metode eksperiman dengan desain randomize control group pretest-posttest., dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas X SMAN 58 Jakarta Timur pada semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel 69 orang siswa. Kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 34 orang siswa. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata posttest hasil kemampuan menulis argumentasi siswa pada kelas eksperimen sebesar 73,86. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kemampuan menulis argumentasi siswa pada kelas kontrol, yaitu sebesar 63,76. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lhitung = 0,077 pada kelas eksperimen dan 0,0571 pada kelas kontrol, sedangkan Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,886. Lhitung < Ltabel, maka dapat dinyatakan normal. Hipotesis dinyatakan secara statistik H0 = µe1 ≥ µe2 dan H1 = µe1 ≤ µe2. Teknik analisis data dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari penggolongan data dengan uji-t diperoleh thitung = 2,31 dan ttabel = 1,67 (2,31 > 1,67). Ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) yang menyatakan metode Teams Games Tournament tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa ditolak. Hipotesis alternative (H1) yang menyatakan bahwa metode Teams Games Tournament berpengaruh terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa diterima. Berdasarkan hasil di atas, metode Teams Games Tournament dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran kemampuan menulis argumentasi. Di antara semua instrumen penilaian yang ada, kemampuan mengungkapkan data atau fakta yang mengalami kenaikan lebih tinggi dibanding yang lainnya.Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. H. Sam Mukhtar Chan, M. Si. ; 2). Drs. Krisanjaya, M. Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:26
Last Modified: 16 Aug 2022 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32490

Actions (login required)

View Item View Item