PENGARUH PENGGUNAAN METODE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERSUASI SISWA KELAS X MA NEGERI 1 BEKASI

MARYANAH, . (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERSUASI SISWA KELAS X MA NEGERI 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MARYANA_compressed.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Metode Think Pair and Share dengan Media Video Iklan Layanan Masyarakat Terhadap Kemampuan Menulis Persuasi. Penelitian dilaksanakan di MA Negeri 1 Bekasi siswa kelas X tahun ajaran 2010/ 2011, mulai dari bulan April sampai dengan Mei 2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretes dan postes dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Negeri 1 Bekasi. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara random sampling atau acak, yang diambil dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Kelas X-2 sebagai kelas kontrol merupakan kelas yang menggunakan metode konvensional melalui ceramah. Kelas X1 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan berupa penggunaan metode Think Pairs Share dengan media Video Iklan Layanan Masyarakat. Selain itu, jumlah siswa dari kedua kelas yang dijadikan sampel memiliki jumlah yang sama, yakni 30 siswa. Hasil kedua bentuk pembelajaran tersebut kemudian dibandingkan dan dilihat untuk memastikan ada atau tidaknya pengaruh antara kelas yang menggunakan metode Think Pair and Share dengan media Video Iklan Layanan Masyarakat dengan kelas yang menggunakan metode konvensional melalui ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis persuasi. Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji Liliefors digunakan sebagai uji normalitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Lo untuk sampel siswa kelas eksperimen sebesar 0,1468 dan Lo untuk sampel siswa kelas kontrol sebesar 0,1118. Adapun Lt yang didapat sebesar 0,161 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian, sampel penelitian ini berdistribusi normal. Uji Bartleet digunakan uji homogenitas. Dari hasil perhitungan, diperoleh X² hitung sebesar 3,63. Berdasarkan distribusi kuadrat dengan dk = 29 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh X² tabel 3,84 dari hasil tersebut diperoleh X² hitung sebesar 3,63 lebih kecil dari X² tabel 3,84. Dengan demikian, populasi mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. berdasarkan perhitungan, diperoleh rasio t hitung sebesar 2,11 pada dk 58 dan taraf signifikasi sebsar 0,05 sedangkan t tabel diperoleh sebesar 1,67. Dari data tersebut diketahui bahwa hasil penelitian menolak hipotesis nol, yaitu "tidak terdapat pengaruh metode Think Pair and Share dengan media Video Iklan Layanan Masyarakat Terhadap Kemampuan Menulis Persuasi Siswa Kelas X MA Negeri 1 Bekasi". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat "Pengaruh metode Think Pair and Share dengan media Video Iklan Layanan Masyarakat Terhadap Kemampuan Menulis Persuasi Siswa Kelas X MA Negeri 1 Bekasi". Metode Think Pair and Share dengan media Iklan Layanan Masyarakat dapat dijadikan metode dan media pembelajaran dalam menulis persuasi. Metode Think Pair and Share dalam pelaksanannya siswa melewati proses inti dari metode, yaitu Think (berpikir), Pair ( berpasangan), dan Share (berbagi). Tentu hal ini dapat membuka pemikiran dan menambah pengetahuan siswa untuk membantu mereka dalam mengembangkan gagasan. Selain itu, dengan Iklan Layanan Masyarakat siswa dapat mengetahui poin-poin penting karena dalam iklan tersirat permasalahan, upaya penanggulangan, beserta pernyataan yang bersifat mempengaruhi pembaca dan pemirsanya, tentu hal ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat peryataan yang bersifat mengajak, membujuk, dan meyakinkan pembacanya. Selain itu, siswa dapat mengetahui fakta atau bukti dalam iklan tersebut untuk dijadikan contoh dalam tulisan persuasi mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erfi Firmansyah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:32
Last Modified: 16 Aug 2022 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

View Item View Item