PENGARUH TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 40 JAKARTA

ADE SURYANI, . (2011) PENGARUH TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ADE SURYANI.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik dua tinggal dua tamu (Two Stay Two Stray) terhadap kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 40 Jakarta, semester II tahun ajaran 2010-2011. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel yang diteliti pada kelas eksperimen (X�7) sebanyak 30 siswa dan pada kelas kontrol (X-4) sebanyak 30 siswa pula. Instrumen penelitian yang dugunakan yaitu tes kemampuan menulis argumentasi. Untuk teknik analisis datanya, dilakukan pengujian statistik dengan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa rata-rata skor menulis argumentasi pada pascates kelas eksperimen ( x 2 = 76,8) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor menulis argumentasi pada prates ( x 1 = 60,47). Sementara itu, rata-rata skor pascates pada kelas kontrol ( x 2 = 63,5) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan dengan rata-rata skor prates ( x 1 = 55,17). Akan tetapi, kenaikan rata-rata skor di kelas kontrol lebih kecil bila dibandingkan dengan kenaikan rata-rata skor di kelas eksperimen. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lo = 0,1006 dan Lt = 0,161. Maka, Lo<Lt, berarti data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Barlett) diperoleh x2 hitung = 0,067 dan x2 tabel = 42,557 atau x2 hitung < x2 tabel. Hal ini berarti data dinyatakan bersifat homogen. Hasil analisis data dengan rumus uji t diperoleh harga t hitung = 2,03 sedangkan t tabel = 1,67. Maka, t hitung > t tabel, berarti H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan teknik dua tinggal dua tamu berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis argumentasi. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik dua tinggal dua tamu dapat dijadikan sebagai salah satu teknik alternatif untuk menaikkan skor kemampuan siswa dalam menulis argumentasi. Teknik dua tinggal dua tamu merupakan teknik alternatif dalam pembelajaran menulis argumentasi. Pada teknik ini, siswa dilatih untuk bekerjasama dalam mencari dan mendiskusikan informasi. Selain itu, siswa juga dapat bekerjasama dalam memperoleh data, fakta, dan bukti sehingga tulisan argumentasi siswa pun akan lebih baik dan mengandung informasi yang akurat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Supriyana, S. S. ; 2). Erfi Firmansyah, M. A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:46
Last Modified: 16 Aug 2022 02:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32498

Actions (login required)

View Item View Item