INTERFERENSI FONOLOGIS DIALEK JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGRI 92 JAKARTA DANIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA

MARDIAH FAJRI, . (2011) INTERFERENSI FONOLOGIS DIALEK JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGRI 92 JAKARTA DANIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MARDIAH FAJRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interferensi fonologis dialek Jakarta terhadap bahasa Indonesia siswa SMA di sekolah dan implikasinya dalam pembelajaran berbicara bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 92 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknis analisis isi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu tabel analisis kerja. Pengambilan data dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Objek dalam penelitian ini adalah percakapan siswa SMA Negeri 92 Jakarta saat pembelajaran bahasa Indonesia. Rekaman yang diperoleh sebanyak empat buah dengan akumulasi durasi 150 menit atau 2,5 jam. Data dalam penelitian ini adalah interferensi fonologis dialek Jakarta terhadap bahasa Indonesia yang mencakup interferensi fonem vokal, diftong, monoftong, fonem konsonan, dan kluster. Dari hasil analisis yang telah dilakukan maka ditemukan 218 ujaran bahasa Indonesia yang terinterferensi dialek Jakarta. Dalam ujaran bahasa Indonesia tersebut terdapat 122 kata yang terinterferensi dialek Jakarta. Interferensi dialek Jakarta pada fonem vokal sebanyak 82 kata/67,21%, diftong 1 kata/0,82%, monoftong 6 kata/4,92%, fonem konsonan 30 kata/24,59%, dan kluster 3 kata/2,46%. Sedangkan kata yang memiliki padanan bunyi sebanyak 84 kata/68,85%, penambahan bunyi 1 kata/0,82, dan penghilangan bunyi 37 kata/30,33% Jadi, dapat disimpulkan bahwa interferensi fonologis dialek Jakarta terhadap bahasa Indonesia yang paling banyak ditemukan adalah fonem vokal dan padanan bunyi, sedangkan yang paling sedikit ditemukan adalah diftong dan penambahan bunyi. Interferensi fonologis dialek Jakarta terhadap bahasa Indonesia siswa SMA saat pembelajaran di kelas dikarenakan adanya interferensi baik yang dilakukan antarteman maupun yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Abdul Chaer ; 2). Drs. Krisanjaya, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:49
Last Modified: 16 Aug 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32501

Actions (login required)

View Item View Item