PENGARUH TEKNIK TRIfOKUS STEVE SNYDER DALAM KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK MAHADHIKA 4 JAKARTA TIMUR

CITRA ANDJARUNI, . (2011) PENGARUH TEKNIK TRIfOKUS STEVE SNYDER DALAM KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK MAHADHIKA 4 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CITRA ANDJARUNI.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan teknik Trifokus Steve Snyder (TSS) terhadap kemampuan efektif membaca (KEM) dalam membaca cepat. Penelitian ini dilakukan di SMK Mahadhika 4 kelas X, semester II tahun ajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretes dan postes dua kelompok. Jumlah siswa dari kedua kelas yang dijadikan sampel memiliki jumlah yang sama, jumlah sampel yang diteliti pada kelas eskperimen kelas kontrol masing-masing sebanyak dua puluh lima orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan efektif membaca. Data diuji dengan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa rata-rata skor KEM pada postes kelas eksperimen ( x 2 = 81,84) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor KEM pada prates ( x 1 = 66,8). Sementara itu, rata-rata skor postes pada kelas kontrol ( x 2 =71,32) juga lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor prates ( x 1 = 65,68). Akan tetapi, kenaikan rata-rata skor di kelas kontrol lebih kecil bila dibandingkan dengan kenaikan rata-rata skor di kelas ekperimen. Hasil analisis data dengan rumus uji-t pada angka signifikansi 0,05 diperoleh harga t hitung = 2,397 sedangkan t tabel = 1,67. Karena t hitung > t tabel, maka H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan teknik TSS berpengaruh positif terhadap KEM dalam membaca cepat. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik TSS dapat dijadikan sebagai salah satu teknik alternatif untuk menaikkan skor kemampuan siswa dalam membaca cepat. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lo = 0,1476 pada postes kelas eksperimen, Lo = 0,1462 pada postes kelas kontrol, dan Lt = 0,173. Maka, Lo<Lt, berarti data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Bartlett) diperoleh x2 hitung = 0,114024752 dan x2 tabel = 36,415 atau x2 hitung < x2 tabel. Hal ini berarti data dinyatakan bersifat homogen. Guru hendaknya menggunakan teknik TSS tidak hanya sebagai alternatif pembelajaran dalam materi membaca cepat, tetapi juga digunakan dalam materi lain seperti menyimak untuk memahami teks tertulis, dan menyimpulkan isi teks tertulis. Teknik TSS dapat berpengaruh maksimal dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu suasana kelas yang mendukung siswa untuk berkonsentrasi dan penjelasan materi serta langkah-langkah teknik TSS yang baik. Guru disarankan untuk menggunakan teknik TSS sebagai salah satu teknik alternatif yang unik dan menyenangkan, agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan penelitian, teknik TSS memberikan kenaikan hasil belajar yang baik dalam proses pembelajaran membaca cepat. Hal itu karena siswa diberikan motivasi untuk meningkatkan keyakinan diri dengan sugesti bahwa membaca cepat itu mudah, dan dilatih dalam pengembangan periferal. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah membaca dengan kecepatan tinggi dan memahami isi bacaan. Melihat pengaruh positif dari penerapan teknik TSS, maka diharapkan dapat membantu guru dalam mengoptimalkan pengajaran membaca khususnya membaca cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M. Si ; 2). Dr. Endry Boeriswati, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:55
Last Modified: 16 Aug 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item