PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENGKAJI NASKAH DRAMA TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA DIPONEGORO 1

SUSHANTI NURHIKMAH, . (2011) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENGKAJI NASKAH DRAMA TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA DIPONEGORO 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SUSHANTI NURHIKMAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan mengkaji naskah drama siswa kelas XI SMA Diponegoro I ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Diponegoro I mulai Mei sampai dengan Agustus 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Diponegoro I yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tiap kelas diambil sampel sebanyak 32 siswa yang diperoleh berdasarkan data yang terkumpul dari pretes sampai dengan postes. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode guru konvensional, yakni ceramah dan tanya jawab. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Untuk uji normalitas digunakan uji Liliefors. Dari hasil perhitungan, diperoleh L0 untuk kelas eksperimen sebesar 0,9554 dan L0 untuk kelas kontrol sebesar 0,9319. Lt yang didapat pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,886. Dapat disimpulkan bahwa sampel pada penelitian berdistribusi normal karena L0 > Lt. Untuk uji homogenitas, digunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan, diperoleh X2 hitung sebesar 10,490. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 62 pada taraf signifikansi 1 – α = 0,95 diperoleh X2 tabel sebesar 43,8. Dari hasil trsebut X2 hitung = 10,490 lebih kecil dibandingkan X2 tabel = 43,8. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis dengan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung sebesar 2,11 pada dk = 62 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian menolak hipotesis nol, yaitu tidak terdapat pengaruh metode Cooperative Integrted Reading and Composition terhadap kemampuan mengkaji naskah drama. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan mengkaji naskah drama. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui pula bahwa kelas eksperimen mencapai peningkatan rata-rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 7,78 angka dari nilai rata-rata pretes sebesar 67,18 dan 74,96 pada postes, sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai angka 5,31 dari nilai rata-rata pretes sebesar 63,12 dan 68,43 nilai rata-rata postes. Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat dijadikan sebagai salah satu metode dalam meningkatkan kemampuan mengkaji naskah drama. Hal ini dikarenakan metode ini membantu siswa untuk mengkaji naskah drama dalam menentukan unsur intrinsik. Oleh karena itu, metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat digunakan guru untuk membantu kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Helvy Tiana Rosa, M.Hum. ; 2). Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:14
Last Modified: 16 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32507

Actions (login required)

View Item View Item