PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT AWAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ILMAN IRIANTO, . (2011) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT AWAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ilman Irianto pp 2006.pdf

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa tingkat awal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan insidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat awal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji regresi sederhana. Persamaan regresi yang diperoleh adalah penyesuaian diri = 40,46+0,492 efikasi diri Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai F sebesar 54,144 dengan signifikansi sebesar 0,000. Besar pengaruh (Adjusted R Square) variabel efikasi diri terhadap penyesuaian diri adalah 0,309 (30,9%), yang artinya bahwa efikasi diri mempengaruhi penyesuaian diri sebanyak 30,9%, dengan pengaruh positif dan sisanya 69,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar efikasi diri. Berdasarkan hasil perhitungan, maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa semester awal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. ***** This research is aimed to analyze the effect of self efficacy on self adjustment of first grade undergraduates students in Educational Faculty State University of Jakarta The method used in this research is quantitative research methods using ex post facto design. The sampling technique in this study is a non probability sampling with insidental sampling. Total sample of this research are 120 undergraduate students. Hypothesis is explain if that self efficacy influenced self adjusment toward first grade undergraduate students. Data analysis technique used to test the hyphothesis was by simple regression. Equation of regression obained was self adjustment = 40,46+0,492 self efficacy The result of F was 54,144, with significance 0,000 and (Adjusted R Square) self-efficacy of self adjustment was 0.309 (30,9%), which means that the self-efficacy influence self adjustment as much as 30,9% and the rest 69,1% influenced by other factor beyond the self efficacy. The result of this research showed Ho is rejected, therefore the research conclusion was that self efficacy influenced self adjusment toward first grade undergraduate students Educational Faculty State University of Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Gumgum Gumelar, M. Si ; 2). Herdiyan Maulana, M. Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:34
Last Modified: 16 Aug 2022 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32534

Actions (login required)

View Item View Item