BENTUK PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 9 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 223 YANG DITUNJUK PEMERINTAH SEBAGAI SEKOLAH INKLUSIF

JOKO RETNO, . (2010) BENTUK PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 9 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 223 YANG DITUNJUK PEMERINTAH SEBAGAI SEKOLAH INKLUSIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-JOKO RETNO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh salah satu bentuk perencanaan pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas 9 di sekolah menengah pertama negeri yang ditunjuk pemerintah sebagai sekolah inklusif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan analisis dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ditunjuk pemerintah sebagai sekolah inklusif yang berada di Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9. Hasil penelitian yang telah didapat menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9 di Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ditunjuk pemerintah sebagai sekolah inklusif. Belum membuat tujuan pembelajaran, isi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan yang dimiliki setiap siswa. *****Purpose of this study was to obtain one form of learning plan social science subjects at grade 9 in 233 junior high schools which government�appointed as an inclusive school. Approach used is a qualitative approach and case study method of data collection using interviews and document analysis techniques. This research was conducted at one junior high schools are appointed by the government as inclusive schools located in East Jakarta. Research subject is the subject teachers of social science class 9th . Results of research that has been able to show that teachers of social science subjects at grade 9 junior high schools designated as schools inclusive government, not set the learning objectives, content learning, learning implementation, and evaluation of learning tailored to the abilities and needs held each student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M Arif Taboer, M.Pd ; 2). Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:01
Last Modified: 16 Aug 2022 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32546

Actions (login required)

View Item View Item