MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK YANG MENGALAMI HAMBATAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN METODE MULTISENSOR DI SDN DUREN TIGA 13 JAKARTA SELATAN

OKTA GEMALA SARI, . (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK YANG MENGALAMI HAMBATAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN METODE MULTISENSOR DI SDN DUREN TIGA 13 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Gabung FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran nyata dan objektif mengenai peningkatan kemampuan membaca siswa yang mengalami hambatan membaca kelas 3 di SDN Duren Tiga 13 Pagi Jakarta melalui penggunaan metode Multisensori. Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester kurang lebih 6 bulan yakni antara bulan Januari sampai dengan Juni 2011. Pemberian intervensi dilakukan mulai bulan Februari 2011 sampai dengan Mei 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’, kepada 3 (tiga) siswa yang mengalami hambatan membaca dengan nama inisial AL, BR, PN yang duduk dikelas tiga SD. Sebelum diberikan intervensi dilakukan assesmen awal pada ketiga subject tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi lembar observasi dalam bentuk ceklis dan mencatat skor yang diperoleh setiap subject sebelum diberikan intervensi. Hasil perolehan data assesmen awal (fase baseline- 1) ketiga subject digambarkan dengan prosentase skor sebagai berikut: Al 45%, Br 36%, Pn 42%. Setelah menemukan hambatan yang dialami siswa dalam membaca yakni sering melakukan penghilangan huruf pada kata, penambahan huruf pada kata dan penggantian huruf pada kata, untuk itu diberikan intervensi/ perlakuan kepada ketiga subject sesuai dengan satuan perencanaan intervensi yang telah dibuat peneliti. Selanjutnya hasil akhir dari fase baseline- 2 terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa dengan prosentase perolehan skor sebagai berikut: Al 80%, Br 61%, Pn 77%. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat dari adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca siswa. Implikasi hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diberikan intervensi menggunakan metode multisensori dan latihan membaca terus�menerus dapat mengurangi hambatan-hambatan siswa dalam hal membaca, dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan baik dan yang terpenting ialah siswa dapat lebih mengembangkan pengetahuannya khususnya dalam hal membaca. ***** The purpose of research is to get reality and objective in improvement reading student’s ability who has obstacle in reading at SDN Duren Tiga 13 Jakarta through using multisensory method. This research has been done for a semester it’s about six months (from January until June 2011). An action has been done from February 2011- May 2011. The method is used experimental Single Subject Research (SSR) with A-B-A designed, for 3 students who has reading obstacle with inisial AL, BR, PN. Before giving intervension first assessment has been done for those student. Data collecting is done through observation with using check list and write scoring. The result of first assessment (fase baseline- 1) for those three students are described as Al 45%, Br 36%, Pn 42%. After finding obstacle that happened to those students are losing letter in word, increasing or charging letter in word. The final result in fase baseline- 2 there are increase reading ability Al 80%, Br 61%, Pn 77%. From this result we can conclude that method is success. The implication of research result prove that after giving the action using multisensory method can decrease students obstacle in reading, it can increase students reading ability well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Arief Tamboer, M. Pd ; 2). Drs. Bahrudin, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:21
Last Modified: 16 Aug 2022 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32547

Actions (login required)

View Item View Item