SEKARDYANING PANGESTI, . (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN BINA WICARA PEMBENTUKAN BILABIAL FONEM B DAN M UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS I SDLB SANTI RAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak.pdf Download (14kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (28kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan dan Persembahan.pdf Download (37kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (20kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (451kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (64kB) |
|
Text
PETA temuan.pdf Download (52kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (368kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (38kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mengetahui gambaran secara deskriptif mengenai strategi pembelajaran bina wicara pembentukan bilabial fonem b dan m yang dilakukan di kelas I SDLB Santi Rama. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti menggambarkan kondisi sebenarnya tanpa melakukan perlakuan apapun terhadap variabel yang diteliti. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Santi Rama yang berada di Jalan R.S Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan. Subjek penelitian adalah guru bina wicara kelas I B dan kepala sekolah. Hasil penelitian yang didapat bahwa guru bina wicara membuat program individual untuk tiap siswa karena fonem yang diajarkan terlebih dahulu berbeda. Guru membuat teknik penilaian sendiri menggunakan kode kesimpulan setiap harinya. Selama pembelajaran bina wicara pembentukan bilabial b dan m berlangsung metode yang digunakan dipayungi oleh MMR disertai meraban dan meniru dengan pendekatan VAKT dan individual. Materi yang diajarkan yakni membentuk fonem b dan m diiringi vokal a,e,i,o,u sesuai segitiga vokal, variasi kata serta kalimat. Media yang harus ada ketika pelaksanaan berlangsung ialah cermin besar, speech trainer, ABM dan buku tulis. Terdapat tiga format penilaian dalam pembentukan bilabial b dan m yaitu segmental, suprasegmental dan tes auditory verbal. ***** The purpose of this study was to obtain descriptive and find a picture of the formation of learning strategies coached speech bilabial phonemes b and m were done in class I SDLB Santi Rama. In this research, using qualitative research methods. Researchers describe the actual conditions without any treatment of the variables studied. The collection of data through observation, interview and documentation. Once the data is collected and analyzed by data reduction, data presentation and conclusion. This research was conducted at the Santi Rama SDLB located in Jalan Fatmawati Hospital, Cipete, South Jakarta. Subjects were coached speech class IB teachers and principals. The results obtained coached speech that teachers create an individualized program for each student as first phoneme taught differently. Teachers make their own assessment techniques using inference code every day. During the formation of bilabial speech learning bina b and m take the method used by the MMR is pedestrianized with babble and imitate VAKT and individual approach. The material taught phonemes that form the vocal accompaniment of b and m a, e, i, o, u corresponding triangle vocals, various words and phrases. The media should be there when the execution takes place is a large mirror, speech trainer, ABM and notebooks. There are three formats of assessment in the formation of bilabial b and m are segmental, suprasegmental and test auditory verbal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Murni Winarsih, M. Pd ; 2). Indra Jaya, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 06:08 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32549 |
Actions (login required)
View Item |