“PENINGKATAN KEMAHIRAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI SISWA KELAS 1 SDIT INSAN MUDA CENDEKIA JAKARTA SELATAN.”

Lina Muthia Karimah, . (2016) “PENINGKATAN KEMAHIRAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI SISWA KELAS 1 SDIT INSAN MUDA CENDEKIA JAKARTA SELATAN.”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lina Muthia Karimah 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan pada bulan April – Mei 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemahiran menulis huruf hijaiyah dengan menggunakan media animasi untuk siswa kelas 1 SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Sumber data dalam penelitian ini mencakup siswa kelas 1 SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan yang berjumlah 15 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil peningkatan kemahiran menulis huruf hijaiyah diperoleh dari hasil evaluasi di akhir kegiatan siklus. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan kemahiran menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas 1 SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan adalah 21,93, pada siklus II nilai rata-rata peningkatan kemahiran menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas 1 SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan menjadi 33,73. Implikasi hasil penelitian menggunakan media animasi untuk meningkatkan kemahiran menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas 1 SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan adalah pada siklus I mencapai rata-rata nilai 21,93, nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan, karena para siswa belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan media ini. Dan pada siklus II peneliti memberikan perhatian lebih kepada siswa yang belum mampu menulis huruf hijaiyah dengan benar berdasarkan nilai latihan siklus 1, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam menulis huruf hijaiyah. Maka rata-rata hasil latihan siklus II mencapai 33,73 atau indikator pencapaian berhasil diraih, 12 siswa mencapai hasil ujian ±30 sehingga 80% dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemahiran menulis huruf hijaiyah pada siswa SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media animasi memberi peningkatan pada kemahiran menulis huruf hijaiyah siswa kelas 1 SDIT Insan Muda Cendekia Jakarta Selatan. Dengan demikian media animasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran menulis huruf hijaiyah sehingga siswa menjadi senang dan merasa lebih mudah dalam mempelajari kemahiran menulis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Jan 2020 14:59
Last Modified: 30 Jan 2020 14:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item