EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP/MTs (EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PRODUKSI PT. DUTA SARANA ILMU)

DWI RATNA ANDRIANI, . (2013) EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP/MTs (EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PRODUKSI PT. DUTA SARANA ILMU). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (138kB)
[img] Text
skripsi dwi ratna andriani 1215081068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana kualitas multimedia pembelajaran berdasarkan 3 aspek (isi/materi, desain pembelajaran, media) yang dinilai oleh guru dan responden yang menjadi pengguna multimedia pembelajaran tersebut. (2) Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 4 Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.Penelitian ini menggunakan metode evaluasi sumatif karena multimedia pembelajaran yang digunakan merupakan produk yang sudah jadi atau final yang diproduksi oleh PT. Duta Sarana Ilmu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan survei, yaitu menyebarkan kuesioner dan memberikan tes (pretest dan post test). Kuesioner diberikan untuk menilai kualitas media yang dievaluasi sedangkan tes diberikan untuk melihat hasil belajar siswa. Kuesioner diberikan kepada guru dan siswa, sedangkan tes hanya diberikan kepada siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran sudah sesuai dengan karakteristik multimedia pembelajaran yang baik menurut PUSTEKKOM dilihat dari 3 aspek yaitu aspek isi/materi, aspek desain pembelajaran dan aspek media. Selain itu, multimedia pembelajaran Biologi yang diproduksi PT. Duta Sarana Ilmu sejauh ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar.Kesimpulan pada penelitian ini yaitu multimedia pembelajaran biologi kelas VIII SMP dengan materi Pengamatan Gejala Alam dan Rangka Tubuh Manusia Produksi PT. Duta Sarana Ilmu sudah sesuai dengan kriteria multimedia pembelajaran yang baik Namun menurut penilaian siswa pada aspek media masih kurang sesuai, khususnya pada indikator kualitas audio. Selain itu, multimedia pembelajarn Biologi produksi PT. Duta Sarana Ilmu sejauh ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Jakarta. ***** This study aims: (1) To determine how the quality of multimedia learning based on three aspects (content / materials, instructional design, media) are assessed by teachers and respondents who are users of multimedia learning. (2) To determine how effective the use of multimedia learning as indicated by an increase in student learning outcomes using multimedia learning. The research was conducted in MTs Negeri 4 Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. This research use summative evaluation method for multimedia learning because finished product or final manufactured by PT. Duta Sarana Science. Data was collected with a survey approach, namely distributing questionnaires and give tests (pretest and post-test). Questionnaires were administered to assess the quality of the media being evaluated while the test is given to see the students' learning outcomes. Questionnaires were administered to teachers and students, while the test is only given to students. The result of study showed that multimedia learning is in accordance with the characteristics of a good multimedia learning by PUSTEKKOM viewed from 3 aspects: content / materials, instructional design aspects and aspects of the media. In addition, multimedia biology learning produced by PT. Duta Sarana Studies so far is good. Result is effective in improving outcomes in this study is a multimedia biology learning class material SMP with observations Symptoms Natural and Human Body Frame Production PT. Duta Sarana Science is in conformity with the criteria of a good multimedia learning But according to assessment of students on aspects of media is not appropriate, especially on audio quality indicators. In addition, multimedia Biology learning producted by PT. Duta Sarana Ilmu so far effective in improving student learning outcomes eighth grade MTs 4 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:35
Last Modified: 18 Aug 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item