HUBUNGAN PENGEMBANGAN RONGGA THORAX TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU PADA ATLET TIM BOLA BASKET PUTRI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2013

ESTEE ANDRE ZELLA, . (2013) HUBUNGAN PENGEMBANGAN RONGGA THORAX TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU PADA ATLET TIM BOLA BASKET PUTRI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2013. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HUBUNGAN PENGEMBANGAN THORAX TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU T.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Hubungan Pengembangan Rongga Thorax terhadap Kapasitas Vital Paru, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik UNJ dan di Laboratorium Somatokinetika FIK UNJ pada bulan Mei sampai Juni 2013 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi korelasi. Sampel yang digunakan yaitu atlet basket tim putri UNJ 2013. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling, sebanyak 18 sampel dari 18 populasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis statistika korelasi sederhana, yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 Hasil penelitian menunjukan : terdapat hubungan yang berarti antara pengembangan rongga thorax dengan kapasitas vital paru, dengan persamaan regresi Ŷ= + X. Artinya kapasitas vital paru dapat diketahui atau diperkirakan dengan persamaan regresi tersebut jika varibel pengembangan rongga thorax (X) diketahui. Koefisien korelasi (r) = 0,522, t hitung = 2,447, t tabel = 2,120, dengan demikian t hitung > t tabel yang menunjukan bahwa hipotesis nihil (h0) ditolak dan hipotesis alternanif (H1) diterima dan koefisien determinasi r2 = 0,2725, yang berarti variabel pengembangan rongga thorax memberikan sumbangan terhadap kapasitas vital paru sebesar 27.25%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ruliando Hasea Purba MARS, Sp.RM ; 2). Eko Juli Fitrianto, S.Or, M.Kes, AIFO.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:40
Last Modified: 16 Aug 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32587

Actions (login required)

View Item View Item