PEMBELAJARAN MELUKIS MELALUI ACTIVE LEARNING BAGI SISWA KELAS XI SMAN 1 CISAUK, TANGERANG

NANI KURNIAWATI, . (2008) PEMBELAJARAN MELUKIS MELALUI ACTIVE LEARNING BAGI SISWA KELAS XI SMAN 1 CISAUK, TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ibu nani 10 03 09.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bersumber kepada keprihatinan peneliti kepada siswa SMAN I cisauk, yang tidak mempunyai semangat dalam pembelajaran melukis, oleh karena itu peneliti ingin memperbaiki kondisi ini agar siswa SMAN tersebut dapat bersemangat melukis dengan kesadaran bahwa pembelajaran melukis ini sangat bermanfaat bagi diri mereka sendiri pada saat ini maupun di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui respon dan hasil pembelajaran siswa, apakah siswa semangat mengikuti pmblajaran melukis dan apakah pembelajaran mlukis dengan strategi pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar dan mmbuat suasana pmbelajaran menyenangkan, dapat mengembalikan perhatian siswa pada pelajaran setelah beberapa waktu tidak melakukan aktivitas tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas (Action Research),atau tindakan kelas partisipasi dengan strategi belajar aktif (active learning) untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri I Cisauk, Tangerang terhadap pembelajaran melukis. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan triangulasi data, yaitu pengumpulan data dari hasil wawancara, rekaman/studi dokumentasi, catatan lapangan, kemudian dibagi menjadi unit–unit analisis diklasifikasikan dengan koding. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar yang dicapai menunjukkan peningkatan respon yang positif, membangkitkan antusiame atau semangat melukis. respon siswa yang semangat melukis tampak dari sikap yang dapat mengungkapkan imajinasinya, karya lukisannya menggunakan warna-warna yang menyimbolkan kecerahan, keberanian, perilaku siswa yang tekun, telaten, sabar, ketika menemukan kesulitan dalam proses melukis siswa tetap berusaha meneruskan lukisannya dengan senang, tenang, tekun, sabar, percaya diri/optimis, siswa yang tadinya merasa tidak bisa melukis karena hanya suka musik pada akhirnya mau mencoba belajar hingga mampu mengungkapkan imajinasinya kedalam lukisan, begitu pula siswa yang tadinya diam atau yang asyik ngobrol karena tidak berminat terhadap lukisan, akhirnya asyik melukis. Hal ini berarti tujuan dari pemberian strategi belajar aktif berhasil. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, dalam memberikan pembelajaran guru harus berani, aktif dan kreatif mencoba strategi belajar beragam sehingga siswa selalu mendapatkan suasana yang tidak menjenuhkan. Pembelajaran melukis dengan metode belajar aktif (active learning) ini dapat membangkitkan antusiasme atau semangat siswa belajar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran. Akhir pertemuan digunakan untuk mengisi kousiner, untuk mengetahui pengalaman empirik siswa dalam mengungkapkan imajinasinya kedalam lukisan dan mengetahui apa yang diinginkan siswa dalam pembelajaran melukis. Hasil jawaban kousioner menunjukkan bahwa siswa umumnya menyukai pelajaran melukis, namun menginginkan media lukis yang belum pernah mereka gunakan, media yang membuat mereka merasa tertantang untuk menggunakannya dan hasil lukisannya dapat dipakai. Setelah mendengar penjelasan peneliti tentang materi, manfaat pelajaran melukis, teknik melukis dan mengetahui media yang dipakai adalah tekstil, boleh menggunakan kaos, saputangan dan baju lab, juga bebas dalam mengekspresikan imajinasi mereka baru tampak semangat, senang, sangat senang, tertarik, ngin tahu lebih banyak tentang belajar melukis, merasa tertantang karena belum pernah menggunakan media tekstil, merasa tertantang karena tidak suka melukis, merasa bebas dan senang, mengucapkan terima kasih kepada peneliti karena sangat senang dapat belajr melukis dan merasa bebas. Dalam lembaran jawaban kousioner juga disebutkan keinginan mereka untuk terus diajarkan melukis oleh peneliti, diceritakan juga kesulitan dalam mengekspresikan ide dan mengukur perbandingan percampuran warna untuk menciptakan warna-warna baru, kekesalan pada proses awal membuat lukisan dengan teknik pewarnaan transparan maupun pekat, awal membuat sketsa dan melukis di tekstil, waktu yang sempit, tetapi akhgirnya senang karena dibimbing oleh peneliti dengan sabar, tidak kasar, disiplin dan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran melukis dengan menggunakan pembelajaran aktif (active learning) menunjukkan peningkatan hasil belajar melukis, meningkatkan semangat siswa dalam mengerjakan luksannya, terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif walupun ada masalah pada awal pertemuan namun hal ini dapat diatasi, siswa tekun mengerjakan lukisannya, siswa mampu mengungkapkan imajinasinya ke lukisan, siswa sabar mengatasi segala sesuatu proses melukis. Setelah melihat hasil penelitian, peneliti menyarankan bahwa dalam memberikan pelajaran guru sebaiknya diberikan kebebasan dan kepercayaan dalam memilih metode pembelajaran yang menurutnya baik, apabila timbul masalah dalam metode pembelajaran itu sebaiknya guru juga diberikan dukungan dari kepala sekolah maupun rekan seprofesi hingga masalah itu teratasi dan tercipta pembelajaran kondusif. Sedangkan saran untuk guru adalah dalam memberikan pembelajaran melukis guru harus berani , aktif dan kreatif mencoba strategi belajar beragam, bersikap tulus, sabar, luwes, ramah, disiplin, dapat dipercaya oleh siswa/kepala sekolah dan rekan kerja, perhatian dan mampu menolong mengatasi keluhan siswa, sehingga siswa selalu mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan, tidak menjenuhkan, merasa nyaman belajar, tidak takut bertanya dan berekspresi/berkreasi. Pembelajaran melukis dengan metode belajar aktif (active learning) ini dapat membangkitkan antusiasme atau semangat siswa belajar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Panji Kurnia ; 2). Dra. Mudjiati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Kesenian > Seni Lukis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:20
Last Modified: 26 Aug 2022 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32618

Actions (login required)

View Item View Item