METAFORA DALAM DEBAT POLITIK DI tvOne SUATU TINJAUAN SEMANTIK SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

MASNUN HASANAH, . (2010) METAFORA DALAM DEBAT POLITIK DI tvOne SUATU TINJAUAN SEMANTIK SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. KAFER_skripsi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB_4 & 5.pdf

Download (390kB)
[img] Text
2. kTa Pengantar_dLL.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB_1,2,3.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan makna metafora dalam debat politik di tvOne. Penelitian ini dilakukan di Jakarta, Januari sampai dengan Juni 2010. Objek penelitian ini adalah kalimat�kalimat dalam debat politik di tvOne yang diadakan pada Mei 2010, yakni debat edisi 5, 12, 19, dan 26 Mei 2010. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif menurut metode Miles dan Huberman. Adapun fokus penelitian ini adalah penggunaan jenis metafora yang meliputi 4 (empat) kriteria analisis, yaitu 1) metafora nominatif subjektif; 2) metafora nominatif objektif; 3) metafora predikatif; 4) metafora kalimat. Selain itu, penelitian ini juga difokuskan pada makna metafora yang meliputi 2 (dua) kriteria analisis, yakni 1) penghalusan makna dan 2) pengasaran makna. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metafora predikatif ditemukan 45,98% atau 80 metafora dari total 174 metafora yang ditemukan. Disusul kemudian dengan metafora nominatif objektif dengan persentase 37,35% atau 65 metafora. Sedangkan dua jenis metafora lainnya, metafora kalimat dan metafora nominatif subjektif, masing-masing ditemukan 9,77% atau 17 metafora dan 6,90% atau 12 metafora. Sementara itu, makna metafora yang juga diteliti dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa metafora yang mengandung pengasaran makna sangat mendominasi penggunaan metafora daripada metafora yang mengandung penghalusan makna. Dalam penelitian ini, metafora dengan pengasaran makna ditemukan sebanyak 55,20% atau sebanyak 96 metafora dari total 174 metafora. Kemudian disusul oleh metafora dengan penghalusan makna sebanyak 44,80% atau 78 metafora dari total 174 metafora yang ditemukan dalam penelitian ini. Implikasi penelitian ini bagi pembelajaran bahasa di SMA adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penggunaan dan pemahaman makna metafora dalam debat politik di tvOne. Dengan bertambahnya pengetahuan siswa tentang penggunaan metafora dalam debat, yang sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa, yakni siswa dapat memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Abdul Chaer ; 2). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M. Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:56
Last Modified: 26 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32627

Actions (login required)

View Item View Item