PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY

RIZKI ISWAGI DESY TRI UTAMI, . (2014) PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI JULI LULUS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PERSETUJUAN PANITIA SKRIPSI.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan menghasilkan media Lectora Inspire pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit kelas X. Penelitian dilakukan sejak bulan November 2013 hingga Mei 2014 di SMA Negeri 30 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). yang terdiri dari 3 tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji kelayakan produk kepada para ahli dan siswa. Tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kendala yang ada dalam pembelajaran kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Pada tahap pengembangan media, peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain melalui penerapan Professional Learning Community. Hasil uji kelayakan oleh para ahli menunjukkan bahwa media Lectora Inspire termasuk kategori baik dimana r bernilai 0,69-0,80. Hasil uji coba kepada siswa memberikan persentase >80% dengan intepretasi sangat baik. Media yang dihasilkan dapat menarik siswa dan membantu guru dalam proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, maka dapat disimpulkan media pembelajaran Lectora Inspire dalam pembelajaran kimia SMA Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Penerapan Professional Learning Community sudah baik dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ucu Cahyana, M.Si ; 2). Arif Rahman, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:58
Last Modified: 18 Aug 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32685

Actions (login required)

View Item View Item