PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MELALUI LAGU-LAGU KANON PADA PADUAN SUARA SISWA KELAS VII A SMP KARTIKA X-2 JAKARTA BARAT

ASEP NUROHMAN, . (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MELALUI LAGU-LAGU KANON PADA PADUAN SUARA SISWA KELAS VII A SMP KARTIKA X-2 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi_FINALasep.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I hal 1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5 FINAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dalam upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas VII A di SMP Kartika X-2. Dan melalui Lagu-Lagu Kanon ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran seni musik yang lebih mudah dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Research. Objek penelitian penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII A . Data-data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Kartika X-2 dari bulan Februari sampai Juni 2011. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan kondisi awal siswa yang tidak pernah mengikuti les musik : (1) Pembelajaran bernyanyi melalui lagu-lagu kanon terlihat ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar bernyanyi dari siklus I yang mencapai KKM 75 adalah 50% ke siklus II yang mencapai KKM 75 adalah 100%. (2) Pembelajaran bernyanyi melalui lagu-lagu kanon bagi siswa yang tidak memiliki latar belakang musik terlihat meningkat, siswa yang menguasai lagu baru lebih cepat dibandingkan tanpa melalui lagu-lagu kanon (3) Membantu siswa untuk bernyanyi sambil mendengarkan sehingga paduan suara terdengar harmonis dan kemampuan bernyanyi individu meningkat (4) Dapat membuat suasana pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, pembelajaran bernyanyi melalui lagu-lagu kanon dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi bagi siswa kelas VII A SMP Kartika X-2 Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Edy Husni Rachim, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Hermawati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:10
Last Modified: 18 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32690

Actions (login required)

View Item View Item