PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK SIMULASI SYN FLOOD ATTACK PADA PESERTA DIDIK JURUSAN TKJ SMK NEGERI 22 JAKARTA DENGAN PENDEKATAN SECTIONS DAN METODE PENGEMBANGAN MDLC LUTHER SUTOPO

ALFAREL NAUFAL YUDISTHIRA, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK SIMULASI SYN FLOOD ATTACK PADA PESERTA DIDIK JURUSAN TKJ SMK NEGERI 22 JAKARTA DENGAN PENDEKATAN SECTIONS DAN METODE PENGEMBANGAN MDLC LUTHER SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terus menerus berkembang dan mutasi virus yang cepat menekan kita untuk membatasi segala bentuk aktivitas terutama yang mengharuskan kita keluar rumah dan berkerumun. Pandemi ini juga menuntut para tenaga pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan dan memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Materi SYN Flood Attack yang dipelajari pada Jurusan Teknik Komputer Jakarta SMK Negeri 22 Jakarta belum memiliki media pembelajaran untuk memvisualisasikan materi tersebut. Mengatasi hal tersebut, dilakukan pengembangan media pembelajaran berupa video animasi berbasis motion graphic untuk materi SYN Flood Attack yang menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan pendekatan SECTIONS dan berfokus pada prinsip multimedia learning yaitu modality dan redundancy sehingga menghasilkan video animasi berdurasi 19 menit 22 detik. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi dengan tingkat kelayakan 100% berada pada kategori “Sangat Layak” dan ahli media dengan tingkat kelayakan 91,42% berada pada kategori “Sangat Layak” serta pengujian lapangan yang menghasilkan tingkat kelayakan 98,16% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Video dapat dinyatakan sebagai media pembelajaran yang sangat layak digunakan untuk membantu pembelajaran peserta didik Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 22 Jakarta pada materi SYN Flood Attack. ***** The Covid-19 pandemic that continues to developing and the rapid mutation of the virus pressures us to limit all forms of activity, especially those that require us to leave the house and gather together. This pandemic also requires educators to be more creative and innovative in delivering and providing learning materials to students. The SYN Flood Attack material studied at the Jakarta Computer Engineering Department at SMK Negeri 22 Jakarta does not yet have learning media to visualize the material. To overcome this, the development of learning media in the form of animated videos based on motion graphics for SYN Flood Attack was applied the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development method with the SECTIONS approach and focuses on the principles of multimedia learning , namely modality and redundancy so as to produced an animated video with a duration of 19 minutes. 22 seconds. Product feasibility testing was carried out by material experts with a feasibility level of 100% in the "Very Eligible" category and media experts with a feasibility level of 91.42% in the "Very Eligible" category and field testing which resulted in a 98,16% feasibility level which was included in the " Very Worthy". Video can be stated as a learning media that is very suitable to be used to help students learn the Computer Network Engineering Department of SMK Negeri 22 Jakarta on the SYN Flood Attack.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchammad Ficky Duskarnaen, M.Sc 2). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 14836 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:34
Last Modified: 19 Aug 2022 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item