PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATIONTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JAKARTA

Marttety, . (2016) PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATIONTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT Bahasa Inggris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
Riwayat Hidup Peneliti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Skripsi Marttety 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Group Investigation terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Jumlah sampel 60 orang siswa. Dengan rincian kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Jumlah siswa yang mencapai batas lulus (KKM) yaitu 70 sebanyak 63%, sedangkan siswa yang tidak mencapai batas lulus (KKM) sebanyak 37%.. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh Lo maksimal untuk kelas eksperimen sebesar 0,1583 pada pretest dan 0,1503 pada posttest, sedangkan L tabel pada signifikasi α= 0,05 dengan dk = 30 adalah sebesar 0,1610 L hitung < L tabel. Maka sampel berdistribusi normal. Untuk kelas kontrol diperoleh Lo maksimal sebesar 0,148 pada pretest dan 0,025 pada posttest. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh F hitung sebesar 1,40 dan F tabel sebesar 1,48 pada taraf signifikasi α= 0,05 dan memiliki data yang homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,892, sedangkan ttabel sebesar 1,671 dengan taraf nyata 0,05 pada dk= 60 untuk uji dua pihak.Oleh karena itu thitung menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan metode Group Investigation terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Berdasarkan hasil di atas, metode Group Investigation dapat dijadikan metode alternatif yang baik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dan pembelajaran lainnya seperti menelaah dan merevisi teks tanggapan deskriptif. Untuk mencapai hasil maksimal, sebelum memulai pembelajaran dengan metode Group Investigation, sebaiknya guru mengadakan tes untuk mengetahui secara pasti gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reni Nur Eriyani,M.Pd., ; 2). Edi Puryanto, M.Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2020 12:08
Last Modified: 31 Jan 2020 12:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item