PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI TARI(Eksperimen Metode Inside – Outside Circle dan Metode Bamboo Dancing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 113 Jakarta)

MEGA ANGGRAINI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI TARI(Eksperimen Metode Inside – Outside Circle dan Metode Bamboo Dancing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 113 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MEGA ANGGRAINI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Bamboo Dancing dengan metode Inside – Outside Circle dalam kelas seni tari siswa kelas X SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 113 Jakarta, dengan sampel kelas X IPA 1 dan X IPA 3. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling atau probality sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif dengan menggunakan soal pilihan ganda dan soal essay yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian perbedaan menggunakan uji sampel berpasangan (paired t-test). Uji prasyarat analisis data dilakukan uji Normalitas (Uji Liliefors) dan uji Homogenitas (Uji Barlett), serta Uji Hipotesis (t-test). Hasil perhitungan uji liliefors diperoleh kedua Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,092 < 0,165 dan 0,151 < 0,165, artinya kedua data skor berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji Barlett untuk α = 0,05 dan db = 28 diperoleh 0,05 karena Xhitung < Xtabel maka H0 diterima. T-test diperoleh Thitung 13,234 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian dengan melakukan eksperimen metode pembelajaran inside – outside circle dan metode pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar dapat disimpulkan bahwa metode belajar bamboo dancing lebih berpengaruh baik dari pada metode belajar inside – outside circle terhadap hasil belajar apresiasi tari, karena pada metode inside – outside circle siswa mengalami kehilangan konsentrasi dalam proses diskusi dan lebih memilih bergurau sedangkan metode bamboo dancing siswa akan lebih aktif menuangkan ide-ide atau pendapatpendapat yang didapat saat berbagi informasi dalam proses diskusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd ; 2). Romi Nursyam, S.Sn., M.Sn
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2020 12:22
Last Modified: 31 Jan 2020 12:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item