THE CONSTRUCTION OF WOMEN AT PREMARITAL LIFE IN U.S BRIDES MAGAZINE ADVERTISEMENTS

KUSUMANING RAHAYU, . (2011) THE CONSTRUCTION OF WOMEN AT PREMARITAL LIFE IN U.S BRIDES MAGAZINE ADVERTISEMENTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER IV-.PICT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER V-.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Kusumaning Rahayu (CHAPTER I - IIIl).pdf

Download (388kB)

Abstract

Dalam studinya, penulis mengaplikasikan teori feminis wacana kritis dari Sara Mills guna menganalisis posisi subjek-objek maupun posisi penulis-pembaca dalam teks dan teori semiotika dari Roland Barthes guna menganalisis proses signifikasi yang terdapat dalam teks dan gambar dalam iklan tersebut. Penulis yang mengaplikasikan metode analisis deskriptif memusatkan studinya terhadap konstruksi wanita dalam kehidupan pra-nikah pada delapan iklan dengan empat tema konstruksi di majalah U.S Brides edisi Februay-March 2009 dan April 2010. Hasil studi menunjukan bahwa pemasang iklan menjadi subjek yang mempengaruhi dan mengonstruksi wanita sebagai objek dalam iklan tersebut. Namun, penempatan posisi tersebut dianggap lumrah terjadi dalam periklanan, karena iklan merupakan perpaduan antara imajinasi pemasang iklan dengan pangsa pasar. Berdasarkan beberapa tema konstruksi tersebut, wanita memiliki beberapa gambaran diri yang kemudian berkembang sebagai sebuah konstruksi terhadap mereka dalam konteks kehidupan pra-nikah. Pertama, dalam iklan kecantikan-fesyen, wanita digambarkan sebagai objek kesenangan bagi pria yang secara spesifik mengkonstruksi wanita untuk memiliki bentuk tubuh yang indah, kemampuan untuk menjadi cantik dan bergaya modern melalui gaun dan aksesoris yang dipakai, sehingga pria atau suaminya lebih mencintainya dan memberikan apresiasi kepadanya. Kedua, dalam iklan peralatan masak, wanita dikonstruksi sebagai ibu rumah tangga, merawat dan mengurus rumah tangga, suami dan anak-anaknya kelak dijadikan sebagai kewajiban pokok dan momentum terindah tiada dua dalam kehidupannya. Terakhir, dalam iklan wisata bulan madu, wanita dikonstruksi sebagai objek seksual oleh pria melalui pose erotis dan gaun seksi yang dikenakannya dalam situasi dan kondisi yang mendukung. ***** In this study, the writer applies the feminist critical discourse of Sara Mills in order to analyze the subject-object and author-reader position and semiotic theory of Roland Barthes to analyze process of signification either at text or image in the ads. This study applies descriptive analytical study as the research method to analyze the women construction at premarital life constructed on several thematical construction in two edition of U.S Brides magazines. The result of this study shows that women as the target readers are the object of these advertisements, while, advertiser is the subject that gives influence to women. However, those phenomenon are commonly occurred in advertisement because advertisement is the line that blurs between editorial freedom and the demands of the marketplace. Based on several thematical constructions dominating in Brides magazines’ advertisements, women have several images which are developed later to be the construction of women at premarital life. First, in beauty-fashion thematical advertisement, woman is described as the object of pleasure for man that is specifically construct woman to has good body shape, ability to be beautiful and fashionable through her gown and accessories, so that her man or husband will be more appreciate and loves to her. Second, in cookware thematical advertisement, woman is constructed as good homemakers for caring home and husband as the ultimate goals and her greatest creative opportunity in her life. The last, in honeymoon trip advertisements, woman is described as the sexual object of her man by her erotic pose, sexy gown, and so on in the particular time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Atikah Ruslianti, M.Hum. ;
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:48
Last Modified: 19 Aug 2022 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32732

Actions (login required)

View Item View Item