UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI BERMAIN SOSIODRAMA

RUYATI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI BERMAIN SOSIODRAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RUYATI PTKPNF.pdf

Download (879kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode kegiatan bermain sosiodrama pada kegiatan belajar di PAUD Dewi Kelompok B Cilinciing Jakarta Utara yang dilakukan pada bulan Mei s.d Juni 2010. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang mempunyai masalah dalam kemampuan berbicara yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah non test. Teknik non test yang digunakan untuk memperoleh data tentang pelasanaan tindakan dan data kemampuan berbicara yaitu melalui teknik observasi, catatan lapangan, pedoman penilaian kemampuan berbicara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunkan presentase kenaikan sebesar 20%. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan siklus I menunjukkan presentase peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun sebesar 18,2%.Perbandingan antara siklus I dan siklus II menunjukkan presentase peningkatan sebesar 33 %. Adapun peningkatan pra penelitian dan setelah dilaksanakan siklus II sebesar 33% Dengan demikian kesimpulan dapat dinyatakan bahwa Penggunaan metode bermain sosiodrama dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Impikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan bermian sosiodrama dapat dijadikan sebagai alternative untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Namun dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kondisi anak, kesiapan guru dan sarana atau fasilitas. *****This research aims to improve speaking skills of children aged 5-6 years through a method of playing sociodrama on early childhood learning activities in North Jakarta PAUD Dewi Cilincing conducted in May 2010. The method used was action research conducted consisted of two cycles, each consisting of planning, action, observation and reflection. The subjects were children aged 5-6 years who have problems speaking ability, amounting to10people. Data collection techniques used are used in the research is non test. Non-test techniques used to obtain data about the implementation of the action and speech data through observation techniques, field notes, guidelines for assessment of the ability to speak and documentation. The data analysis technique use in this research is to use the percentage increase of 20%. Analysis of data obtained from the comparison between the speech of children aged 5-6 years before and after implementing the actions. The results obtained after implementation of the first cycle showed an increase ability presentase children aged 5-6 years speaks for 18,2%. Comparison between cycle I and II shows the percentage increase of 16%. The increase in pre-study and after the second cycle executed by 33%. Thus the conclusion can be stated that the use of methods of playing sociodrama can influence to enhance ability children aged 5-6 years. The implications of this research is that the use of play sociodrama can be used as an alternative to improve the speaking ability of children aged 5-6 years. But in its implementation can be tailored to the child's condition, the readiness of teachers and facilities or facilitie.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M. Si. ; 2). Dra. Titiek. S, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:18
Last Modified: 18 Aug 2022 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32734

Actions (login required)

View Item View Item