FAKTOR PENENTU PENCAPAIAN PRESTASI OLAHRAGA (Survei Pada Siswa di SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan, Jakarta)

ELA FATIMAH, . (2010) FAKTOR PENENTU PENCAPAIAN PRESTASI OLAHRAGA (Survei Pada Siswa di SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan, Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FAKTOR PENENTU PENCAPAIAN PRESTASI OLAHRAGA_gabungan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai faktorfaktor penentu pencapaian prestasi olahraga atlet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan kategori survei. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan, dengan sampel para siswa kelas X dan XI tahun ajaran 2009/2010. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random atau acak sederhana. Dari total keseluruhan populasi SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan yaitu sebanyak 217 siswa, diambil 33 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument non tes berupa kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisa deskriptif kuantitatif. Hasil uji coba instrument penelitian menunjukkan bahwa dari uji validitas instrumen yang dilakukan terdapat 24 butir pernyataan yang dikatakan valid dan 39 butir pernyataan yang dinyatakan tidak valid atau drop. Sedangkan untuk hasil perhitungan uji reliabilitas instrumen faktor-faktor yang menentukan pencapaian prestasi atlet diperoleh skor sebesar 0,96 sehingga layak digunakan dalam penelitian. Hasil analisa data menunjukkan bahwa sebesar 48% dari faktor aspek pskologis dan 41% aspek lingkungan berkontribusi terhadap pencapaian prestasi atlet. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa disamping aspek lainnya, aspek psikologis dan lingkungan memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menentukan pencapaian prestasi olahraga atlet. Pada aspek psikologis dipengaruhi oleh minat partisipasi dalam olahraga yaitu dengan persentase 31%, motivasi berprestasi dengan persentase 25%, stabilitas emosi dengan persentase 23% dan fungsi kognisi sebesar 22%. Sedangkan pada aspek lingkungan dipengaruhi oleh kehidupan sosial ekonomi sebesar 27%, sarana - prasarana olahraga yang tersedia dengan persentase 25%; dorongan dan penghargaan orang tua, keluarga dan masyarakat dengan persentase 24% dan hubungan interaksi antara pelatih, atlet dan sesama anggota tim sebesar 23%. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa aspek psikologis dan lingkungan menjadi hal yang penting dalam melakukan pembinaan terhadap calon atlet dengan penekanan utama pada aspek minat partisipasi dalam olahraga. Selain itu, minat partisipasi olahraga yang baik bila tidak didukung dengan aspek lingkungan yang baik misalnya saja kehidupan sosial ekonomi dan sarana-prasarana yang tersedia juga akan berdampak dalam menentukan pencapaian prestasi olahraga. Sehingga manajemen pembinaan yang efektif dan komprehensif bagi para calon atlet sangat diperlukan guna mencapai keseimbangan antara prestasi olahraga dan akademik calon atlet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Fahmi Idris, M.M.; 2). dr. Riry Meria.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:54
Last Modified: 19 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32736

Actions (login required)

View Item View Item