SAUSAN ZAHRA, . (2018) PENGEMBANGAN VIDEOSCRIBE MENGENAI MEMBACA CEPAT DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING KELAS X MAN 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (122kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa videoscribe mengenai membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning untuk kelas X MAN 3 Jakarta. Berguna sebagai pendukung guru bimbingan konseling dalam layanan bimbingan klasikal kepada peserta didik. Videoscribe mengenai membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning berdurasi selama 11 menit. Berikut merupakan rincian konten videoscribe, diantaranya judul, sasaran, tujuan umum, pengertian membaca cepat, penjelasan membaca cepat merupakan keterampilan belajar, langkah-langkah membaca cepat, penyebab hambatan membaca cepat dan cara mengatasi hambatan, seperti regresi, kebiasaan menunda dan berhenti sementara dan kurangnya daya ingat, meningkatkan membaca cepat, seperti meningkatkan konsentrasi dan pengaruh lingkungan, seperti tempat belajar, semua bahan belajar dekat tangan dan jarak mata ke bacaaan, pengertian dan langkah teknik skimming dan scanning serta kesimpulan. Adapun jumlah populasi sebanyak 162 peserta didik, dengan sampel 62 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan pengambilan secara acak (simple random sampling) untuk penentuan sampel. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan Research and Development (R&D). Berikut tahap dalam penelitian, diantaranya penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan awal, revisi produk utama. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Validator penilaian media, dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan peserta didik menggunakan skala 1-4. Berdasarkan hasil uji validasi, diperoleh hasil ratarata presentase dari validasi media 86%, ahli materi 90 % dan peserta didik 81,24%. Hasil pengembangan videoscribe mengenai membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning dikategorikan sangat baik. Implikasinya diharapkan dapat dibudayakan oleh peserta didik dengan menerapkan membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Aip Badrujaman, M.Pd 2) Wening Cahyawulan, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 16:03 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 16:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3275 |
Actions (login required)
View Item |