PENGGUNAAN MEDIA CONTOH RAGAM HIAS BETAWI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DESAIN MOTIF KAIN BATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 68 JAKARTA SELATAN (SUATU KAJI TINDAK)

NGATIRAH, . (2008) PENGGUNAAN MEDIA CONTOH RAGAM HIAS BETAWI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DESAIN MOTIF KAIN BATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 68 JAKARTA SELATAN (SUATU KAJI TINDAK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dengan penggunaan media contoh ragam hias betawi terhadap hasil belajar menggambar desain motif kain batik siswa kelas VIII SMP Negeri 68 Jakarta Selatan pada semester genap di bulan Januari sampai bulan Juli 2008. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah kelas VIII4 sebanyak 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kaji Tindak (Classroom Action Research), dimana dari hasil suatu proses pembelajaran akan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus I praktek menggambar desain motif kain batik dengan menggunakan media contoh ragam hias betawi yang masih sangat komplek. Siklus II memperbaiki dari kegiatan yang dilakukan pada siklus I menyederhanakan, memperbesar, dan menjelaskan media contoh ragam hias betawi, siklus III memperbaiki dari kegiatan yang dilakukan pada siklus II menyederhanakan media contoh ragam hias betawi menjadi satu halaman agar lebih mudah memilih motif contoh ragam hias betawi dan efektif waktu. Siswa kelas VIII masuk dalam kategori usia 11-13 tahun, yaitu usia dimana perkembangan intelektualnya sedang berkembang sehingga mereka mampu berfikir kritis dan objektif. Apa yang ada dilingkunganya dan yang di hadapi akan ditanggapi dan dipecahkan secara logis. Mereka lebih suka menghargai sikap yang tegas dari orang dewasa, sebaliknya tidak menghargai sikap yang tidak menentu walaupun lemah lembut tegur sapanya. Dengan penelitian Kaji Tindak (Classroom Action Research) secara tegas dan disiplin, pembelajaran gambar desain motif kain batik dengan penggunaan media contoh ragam hias betawi tepat bagi siswa. Melalui tahapan yang dilakukan dari siklus I,III, dan III, terjadilah proses apresiasi, siswa merasa saling memiliki dan menghargai seni budaya betawi khususnya ragam hias betawi serta ikut melestarikan seni budaya tradisional batik. Penilaian mengacu pada aspek produksi, berdasarkan Tabel Brent G. Wilson yaitu keterampilan dan kreativitas. Keterampilan dalam hasil menggunakan cat poster yang benar rapi dan bersih. Kreativitas yaitu memodifikasi motif yang unik menarik sehingga tercipta desain motif kain batik yang baru, didukung oleh komposisi seimbang baik bentuk, warna yang arstitik, menarik, dan harmonis. Dengan penggunaan media contoh ragam hias betawi hasil belajar menggambar desain motf kain batik siswa meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Hj. Warti Sundariyati, M. Pd.; 2). Drs. H. Sarnadi Adam.
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:31
Last Modified: 18 Aug 2022 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32776

Actions (login required)

View Item View Item