PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TAMBUN UTARA

ULYAH FITRI YANTI, . (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TAMBUN UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ULYAH FITRI YANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media film pendek terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 1 Tambun Utara. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tambun Utara, Bekasi, Jawa barat, semester genap tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel 60 orang siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis naskah drama yang meliputi beberapa aspek penilaian dalam menulis naskah drama. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis naskah drama pada kelas eksperimen sebesar 52,67 umtuk pretest dan 70,1 untuk posttest. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis naskah drama pada kelas kontrol, yaitu sebesar 51,47 untuk pretest dan 58,5 untuk posttest. Uji perasyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh L hitung 0,1436 untuk prettest dan 0,1438 untuk posttest pada kelas eksperimen dan L hitung = 0,1572 untuk pretest dan 0,0973 untuk posttest pada kelas kontrol, sedangkan L tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 0,161. L hitung < L tabel, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 3,34 dan X2 tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 3,84. Karena X2 hitung < X2 tabel atau 3,34 < 3,84, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung sebesar 17,82, sedangkan t tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 1,67. Oleh karena itu, t hitung > t tabel, berarti Ho ditolak dan Hi iv diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media film pendek berpengaruh terhadap kemampuan menulis naskah drama SMA. Berdasarkan hasil di atas, media film pendek dapat dijadikan sebagai media yang baik untuk pembelajaran menulis naskah drama. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai media film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Helvy Tiana Rosa, M. Hum. ; 2). Drs. Krisanjaya, M. Hum.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:53
Last Modified: 19 Aug 2022 07:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32795

Actions (login required)

View Item View Item