SEPTILIA KUMALA, . (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN MEMBUAT REPLIKA TANAMAN HIAS BONSAI DARI LIMBAH KERTAS DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM 34 CIPAYUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Septilia Kumala (1515143196).pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh data sekaligus informasi terkait efektivitas pelatihan membuat replika tanaman hias bonsai dari limbah kertas dalam meningkatkan life skills peserta didik paket C di PKBM 34 Cipayung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survei dengan angket atau kuisioner untuk mengetahui efektivitas pelatihan membuat replika tanaman hias bonsai dari limbah kertas dalam meningkatkan life skills peserta didik paket C di PKBM 34 Cipayung. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan membuat replika tanaman hias bonsai dari limbah kertas dalam meningkatkan life skills peserta didik paket C di PKBM 34 Cipayung sudah efektif dilihat dari evaluasi yang berdasarkan tingakatan reaction, learning, behaviors, organizational result, dan cost affectivity. Hal ini juga dibuktikan dengan tujuan pelatihan yang sesuai dengan rancangan pelatihan. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pelatihan sudah sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan life skills peserta didik yang dilihat dari aspek kognitif dan psikomotorik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Henny Herawati Br. D, M.Pd 2) Dr. Dorotul Yatimah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 15:35 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 15:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3280 |
Actions (login required)
View Item |