IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) PADA PELAYANAN PUBLIK DI BAGIAN PERIZINAN PENELITIAN ASING KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA

SILVIANA OKTAFERI PUTRI, . (2018) IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) PADA PELAYANAN PUBLIK DI BAGIAN PERIZINAN PENELITIAN ASING KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SILVIANA OKTAFERI PUTRI - 1445142050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di bagian Perizinan Penelitian Asing, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang lebih dikenal dengan FRP. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui implementasi pelayanan prima pada instansi pelayanan publik sebagai acuan bagi instansi lain yang bergerak dibidang yang sama. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Oktober 2017 hingga Januari 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dekskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi; Kepala Sub Direktorat Perizinan Penelitian, Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, Kepala Seksi Administrasi, Staff Pemrosesan Aplikasi Visa, dan Staff Pemantau Progress Report. Pelayanan prima yang diterapkan oleh FRP telah dilakukan sejak tahun 2012. Standar pelayanan di FRP adalah standar dari International Organization of Standardization (ISO). Penilaian kualitas pelayanan prima diwujudkan melalui kuesioner kepuasan pelanggan yang diisi pelanggan secara online. Pelayanan publik di FRP melibatkan peneliti asing selaku penerima jasa, dan pegawai FRP selaku penyedia jasa. Selain melalui kuesioner kepuasan pelanggan, untuk mengoptimalkan hasil pelayanan, FRP sebaiknya melakukan evaluasi kualitas pelayanan dengan membuat rapat khusus. Selain itu, pengoptimalan website FRP juga agar lebih diperhatikan terutama perbaruan hasil rapat TKPIPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Amril Muhammad, S.E, M.Pd 2) Dr. Siti Rochanah, M.M
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Feb 2020 15:50
Last Modified: 03 Feb 2020 15:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item