PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS 14 CAKUNG TIMUR KECAMATAN CAKUNG JAKARTA TIMUR

SITI MUTIAH, . (2011) PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS 14 CAKUNG TIMUR KECAMATAN CAKUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SITI MUTIAH 2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Media Visual Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD di Gugus 14 Cakung Timur Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri di Gugus 14 Cakung Timur Kecamatan Cakung Jakarta Timur, dengan sampel siswa SD Kelas IV di SDN Cakung timur 01 Pagi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Sample Random. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan analisis dengan menggunakan pengujian hipotesis nol dengan persyaratan yang harus dipenuhi yaitu menguji normalitas dan homogenitas data. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh hasil perhitungan tes motivasi belajar IPS yang menggunakan media visual diperoleh simpangan baku 4,25 dengan rata-rata skor 70,10 sedangkan tes motivasi belajar IPS yang tidak menggunakan media visual diperoleh simpangan baku 4,25 dengan rata-rata skor 63,60. Selanjutnya Dari perhitungan menggunakan uji t berdasarkan data yang telah dihitung t hitung =4,550 jika dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan dk = n – 2 = 71 diperoleh t tabel = 2,02, maka thitung lebih dari pada ttabel (4,550 > 2,02) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi dari penelitian ini penerapan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan media visual dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar IPS. Dan memberikan manfaat langsung dalam proses belajar mengajar yaitu siswa jadi lebih semangat dalam belajar. Menggunakan media visual dalam pembelajaran di kelas dengan tepat akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi siswa. To the effect this research is subject to be menganalisis Visual's Media Influence to Motivate IPS'S Studying Student brazes IV SD at Territorial 14 Cakung Is district East Cakung East Jakarta. Executed research at SD Country at territorial Cakung Is district East Cakung East Jakarta, with student sample of Class VI at SDN CakungTimur 01 Pagi. Sample is taken by use of tech Sample random is sampling Data collecting is done by use of questionnaire and analisis by use of zero hypthosts testing with stipubting who shall be accomplished which is test normality and data homogeneity Hypthosts testing result points out result get that count essays to motivate IPS'S studying that utilize visual's media gotten by standard deviation 4,25 by average scores 70,10 meanwhile essays IPS'S studying motivation that doesn't utilize visual's medias gotten by standard deviations 4,25 by average scores 63,60. Hereafter of arithmetic utilize uji t bases data already be accounted t hitung =4,550 if consultation with t table on level trusty α = 0,05 and dk = n – 2 = 71 acquired t tables = 2,02, therefore t hitung more instead of t table (4,550> 2,02) therefore H0 refused and H1 accepted. Implication of this research media purpose implement learning by use of media visual can give influence to motivate IPS'S studying. And gives direct benefit in processes teaching and learning which is student become more spirit in learned. Utilizing visual's media in learning at brazes correctly will give agreeable experience for student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Windhiyanti. ; 2). Dr. M. Syarif Sumantri.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:11
Last Modified: 22 Aug 2022 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32897

Actions (login required)

View Item View Item