PROFIL KEPRIBADIAN SISWA YANG MENYONTEK (SURVEY DI KELAS XI SMA NEGERI 24 JAKARTA PUSAT)

NETTY AFRIANTY, . (2011) PROFIL KEPRIBADIAN SISWA YANG MENYONTEK (SURVEY DI KELAS XI SMA NEGERI 24 JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NETTY AFRIANTY.pdf

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil mengenai karakteristik kepribadian siswa yang menyontek di kelas XI SMAN 24 Jakarta Pusat. Populasi terjangkau pada penelitian ini yaitu sebanyak 80 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan sebanyak 60 siswa yang terjaring dari populasi terjangkau tersebut.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai The Big Five Personality menurut McCrea dan Costa. The Big Five Personality, didalamnya mencakup Neurotisme (neuroticism), Ekstraversi (extraversion), Keterbukaan (openness), Kebersetujuan (agreeableness), dan Kehati-hatian (conscientiousness). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan jenis survey. Berdasarkan hasil data penelitian yang didapat, maka profil kepribadian siswa yang menyontek di kelas XI SMAN 24 Jakarta Pusat adalah dimensi kepribadian Neuroticism 67%, Agreeableness 58%, Ekstraversion 42%, Openness 33%, dan Conscientiousness 33%. Dari perolehan persentase-persentase tersebut maka dapat dilihat bahwa dimensi kepribadian Neuroticism memiliki persentase yang paling dominan, Neuroticism mengacu pada kurangnya penyesuaian psikologis positif dan emosional yang kurang stabil. Hal ini ditandai dengan ciri-ciri kepribadian Neuroticism yaitu cemas, tidak tenang, tempramental, tidak puas diri, sadar diri, emosional, tidak dingin, dan rentan. Selain Neuroticism, dimensi kepribadian yang dominan adalah Agreeableness, Agreeableness merupakan individu yang berorientasi pada hubungan antar pribadi. Karakteristik pada dimensi ini yaitu berhati lembut, tidak kejam, tidak penuh prasangka buruk, murah hati, tidak pelit, tidak pernah mengkritik dan baik hati. Implikasi dari penelitian ini adalah dimensi kepribadian Neuroticism dan dimensi kepribadian Agreeableness merupakan dua dimensi yang berkaitan satu sama lain, dan dampak dari hal tersebut adalah siswa yang menyontek (Neuroticism) akan timbul bila ada siswa yang memfasilitasi (Agreeableness) perilaku menyontek tersebut. Dampak yang terjadi dalam akademik yaitu siswa menjadi pribadi yang tidak mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dharma Setiawaty.; 2). Dra Michiko Mamesah, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:12
Last Modified: 22 Aug 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32898

Actions (login required)

View Item View Item