PENGARUH METODE TOTALLY PHYSICAL RESPONSE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN CIPINANG CEMPEDAK 07 JAKARTA TIMUR)

NUR INDAH YUSARI, . (2010) PENGARUH METODE TOTALLY PHYSICAL RESPONSE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN CIPINANG CEMPEDAK 07 JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Totally Physical Response terhadap hasil belajar membaca puisi siswa kelas III SDN Cipinang Cempedak 07 Pagi. Eksperimen dilakukan di SDN Cipinang Cempedak 07, Pedati Dalam, Jakrta Timur, mulai tanggal tanggal 5 April 2010 sampai dengan 30 April 2010. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa kelas III dipilih secara purposif dari 6 jenjang kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design, yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa pembanding. Desain ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Cara mengetahui pengaruh metode Totally Physical Response terhadap hasil belajar membaca puisi adalah dengan memberikan tes awal (pretest) sebelum siswa mendapatkan perlakuan berupa metode Totally Physical Response. Setelah diberikan perlakuan, siswa diberikan tes akhir (posttest) untuk mengetahui apakah perlakuan yang diberikan telah menyebabkan perubahan yang lebih baik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar membaca puisi meliputi kejelasan vokal, penafsiran isi, penghayatan melalui gerak dan mimik, serta penampilan. Pemberian skor terhadap unsur-unsur itu berbeda dalam rentang nilai yang berbeda pada setiap unsurnya, dengan mengacu pada kriteria penilaian. Untuk menganalisis data, penelitian menggunakan uji-t pada taraf signifikansi ( = 0,05. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan Liliefors dan uji homogenitas dengan Barlett pada taraf signifikansi ( = 0,05 menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal homogen. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan hasil belajar membaca puisi dengan menggunakan metode Totally Physical Response lebih baik jika dibandingkan dengan tidak menggunakan metode Totally Physical Response, dengan t-hitung = 134,81 , dan t-tabel = 1,67 dengan dk = 35 dengan taraf signifikansi ( = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Totally Physical Response terhadap hasil belajar membaca puisi pada siswa kelas III SDN Cipinang Cempedak 07 Pagi, Pedati Dalam, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Zulfahnur. ZF, M.Pd; 2). Dra. Sri Suhita, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:22
Last Modified: 22 Aug 2022 04:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32900

Actions (login required)

View Item View Item