PENGARUH STRATEGI TEKS ACAK DENGAN MEDIA BULLETIN BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV SDN JATIASIH 8 KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI

SITI FATIMAH, . (2011) PENGARUH STRATEGI TEKS ACAK DENGAN MEDIA BULLETIN BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV SDN JATIASIH 8 KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SITI FATIMAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi teks acak dengan media bulletin board terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas IV sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2010 (semester II tahun ajaran 2009/2010) di kelas IV SDN Jatiasih 8 Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel yang diteliti 60 siswa yang terdiri atas dua kelas, yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis karangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan siswa pada kelas eksperimen (x = 76,9) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kemampuan menulis karangan siswa pada kelas kontrol (`x = 65,7). Adapun simpangan baku yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 8,13 dengan median dan modus sebesar 76,4 dan 75,86, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh simpangan baku sebesar 5,89 dengan median dan modus masing-masing sebesar 65,17 dan 63,17. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas (liliefors) dan uji homogenitas (uji bartlet), diperoleh L hitung = 0,1307 untuk X1 (kelas eksperimen) dan 0,1144 untuk X2 (kelas kontrol) kemudian dikonsultasikan dengan L tabel = 0,161 sehingga dinyatakan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh X² hitung = 1,34 < X² tabel = 3,84 sehingga data dinyatakan bersifat homogen. Hasil analisis data dengan rumus uji–t diperoleh harga t-hitung = 5,8 > t�tabel = 1,67 pada taraf signifikansi α =0,05. Dengan demikian, H0 yang menyatakan X > Y diterima. Hal ini berarti strategi pembelajaran berupa strategi teks acak dengan media bulletin board dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN Jatiasih 8 Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi sehingga strategi teks acak dengan media bulletin board dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Sebelum menggunakan strategi teks acak dengan media bulletin board, sebaiknya guru mempelajari, memahami, dan memperhatikan cara menggunakannya dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Mukti U.S., M.M ; 2). Dr. Endry Boeriswati M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:26
Last Modified: 22 Aug 2022 04:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32906

Actions (login required)

View Item View Item