MOTIVASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP (SEBUAH TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

SAFINAH, . (2012) MOTIVASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP (SEBUAH TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SAFINAH.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan motivasi tokoh utama melalui objek berupa novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes davonar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif/deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan psikologi sastra dengan fokus penelitian motivasi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi lebih mendominasi dalam novel ini. Motivasi berprestasi ini ditunjukkan lewat semangat tokoh utama yang tinggi dalam dunia pendidikan serta semangat yang tinggi untuk sembuh dari penyakit kanker mematikan. Motivasi berafiliasi ditunjukkan dengan perilaku tokoh utama senang bersosialisasi dengan orang lain sehingga ia memiliki sahabat-sahabat yang luar biasa yang setia menemaninya melawan penyakitnya. Sedangkan motivasi berkuasa ditunjukkan lewat perilaku tokoh yang berusaha mempengaruhi orang lain agar kemauannya dipenuhi, dalam hal ini adalah kemauan agar diizinkan untuk tetap bersekolah dalam kondisinya yang semakin lemah karena penyakitnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum. ; 2). Drs. Utcen Djusen, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:24
Last Modified: 22 Aug 2022 04:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32924

Actions (login required)

View Item View Item