PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DENGAN MEDIA KOLEKSI GAMBAR TWITTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 33 JAKARTA

NURHAYATI PUJI LESTARI, . (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DENGAN MEDIA KOLEKSI GAMBAR TWITTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 33 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NURHAYATI PUJI LESTARI_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual (Contextual Teaching Learning) dengan media koleksi gambar twitter terhadap kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 33 Jakarta, semester I tahun ajaran 2011-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah eskperimen dengan teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel yang diteliti pada kelas eksperimen (X-1) sebanyak 30 siswa dan pada kelas kontrol (X-2) sebanyak 30 siswa pula. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan menulis deskripsi. Untuk teknik analisis datanya, dilakukan pengujian statistik dengan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata skor menulis deksripsi pada pascates kelas eksperimen (ݔҧ2 = 78,7) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor menulis deskripsi pada prates (ݔҧ 1 = 56,6). Sementara itu, rata-rata skor pascates pada kelas kontrol (ݔҧ2 = 57,03) jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor prates (ݔҧ 1 = 48,93). Akan tetapi, kenaikan rata-rata skor di kelas kontrol lebih kecil bila dibandingkan dengan kenaikan rata-rata skor di kelas eksperimen. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lo = 0,0811 dan Lt taraf signifikan 0,05 = 0,161. Maka, Lo < Lt, berarti data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Barlett) diperoleh X2 hitung = 0.736 dan X2 tabel = 42,557 atau X2 tabel > X2 hitung. Hal ini berarti data dinyatakan bersifat homogen. Hasil analisis data dengan rumus uji t diperoleh harga t-hitung sebesar 2,66 dan t-tabel sebesar 1,67. Dengan demikian t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis penelitian ( H1 ) diterima. Hal ini berarti penggunaan pendekatan kontekstual dengan media koleksi gambar twitter berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis deskripsi. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dengan media koleksi gambar twitter dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif untuk menaikan skor kemampuan siswa dalam menulis deskripsi, karena siswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan juga di dalam kelompoknya. Penelitian ini memberikan saran agar guru dapat memilih media yang unik dan inovatif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar. Media gambar twitter dapat menjadi media alternatif dalam penulisan deskripsi karena dapat melatih siswa untuk menggambarkan suatu objek yang konkret sehingga memudahkan siswa untuk mengungkapakan dan memberikan kesan impresi terhadap pembaca. Media ini juga berimplikasi terhadap pembelajaran lainnya. Tidak hanya pada menulis deskripsi saja namun dapat digunakan untuk mengajar menulis argumentasi. Dengan melihat koleksi gambar twitter siswa diharapkan mampu untuk menuangkan gagasan yang nyata serta fakta-fakta yang ada. Apabila guru ii dan peneliti lain ingin menggunakan media twitter di dalam pembelajaran lain, maka bisa digunakan selain dengan koleksi gambar yaitu kicauan (tweet). Dengan menggunakan kicauan dapat disarankan untuk siswa mengungkapkan gagasangagasan sesuai data dan bukti-bukti yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Supriyana, S.S. ; 2). Erfi Firmansyah, M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:10
Last Modified: 22 Aug 2022 05:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32948

Actions (login required)

View Item View Item