Hubungan Kemampuan Berargumentasi Lisan dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Kota Bekasi

Mira Rahmawati, . (2016) Hubungan Kemampuan Berargumentasi Lisan dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Kota Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Mira Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang hubungan antara kemampuan berargumentasi lisan dengan kemampuan menulis teks eksposisi kelas X SMA Negeri 7 Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan pada Mei sampai dengan Juli 2016. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi = 2,66 + 0,87 X. Data dinyatakan normal karena hasil dari Lhitung < Ltabel dengan jumlah Lhitung sebesar 0,136 dan Ltabel n = 30 pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 0,173. Berdasarkan uji linieritas regresi, didapatkan hasil data linier yaitu hasil Fhitung (Fh) < Ftabel dengan hasil perhitungan Fhitung sebesar 0,419 dan Ftabel 2,53. Berdasarkan uji hipotesis untuk keberartian regresi didapatkan hasil data bahwa regresi diperoleh memiliki keberartian/signifikan dengan hasil perhitungan yang didapatkan bahwa Fhitung (Fo) > Ftabel (Ft) dengan F hitung sebesar 16,32 dan Ftabel sebesar 4,24. Uji koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa rxy 0,94 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara kemampuan berargumentasi lisan dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (Uji t) didapatkan hasil bahwa thitung sebesar 15,63 dengan ttabel sebesar 1,70. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan diantara kedua variabel karena hasil thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel menghasilkan 0,8972 yang berarti bahwa sesebesar 89,72% Kemampuan berargumentasi lisan dapat memengaruhi kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Implikasi yang didapatkan dari penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan berargumentasi lisan dengan baik maka akan meningkatkan kemampuan berbicara siswa tersebut hingga akhirnya akan memengaruhi kemampuan berbahasa lainnya. Bagi guru ketika sudah mengetahui tingkat kemampuan berargumentasi lisan dengan kemampuan menulis teks eksposisi maka dapat membantu dalam mengatur kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N Lia Marliana, M. Phil. Ling., ; 2). Rahmah Purwahida, M.Hum.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Feb 2020 10:58
Last Modified: 04 Feb 2020 10:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item