ALIH KODE PERCAKAPAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR BANTAR GEBANG

LISA SYOFYANI, . (2012) ALIH KODE PERCAKAPAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR BANTAR GEBANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LISA SYOFYANI.pdf

Download (684kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alih kode percakapan penjual dan pembeli di pasar Bantar Gebang serta hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya alih kode tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Baru Bantar Gebang, Bekasi Timur. Waktu penelitian April – Mei 2012. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dibantu dengan menggunakan alat perekam untuk merekam percakapan penjual dan pembeli di Pasar Bantar Gebang dalam transaksi jual-beli. Data-data dianalisis dengan tabel kerja. Data yang dianalisis adalah bentuk alih kode yang terjadi dalam percakapan penjual dan pembeli di Pasar Bantar Gebang. Dari hasil penelitian ditemukan sejumlah 74 ujaran yang beralih kode. Sejumlah 47 ujaran yang termasuk jenis alih kode metaphorical code switching. Ditemukan penggunaan alih kode terbesar pada penyebab umum alih kode karena pembicara atau penutur sebanyak 13 ujaran dan penggunaan alih kode karena perubahan situasi dengan hadirnya orang ketiga sebanyak 13 ujaran, sedangkan penggunaan alih kode karena pendengar atau lawan tutur sebanyak 4 ujaran. Sementara itu berdasarkan penyebab alih kode jual beli pada percakapan penjual dan pembeli, ditemukan penggunaan alih kode terbesar pada penyebab alih kode jual beli karena pembeli memiliki maksud tertentu yang disembunyikan sebanyak 19 ujaran. Penggunaan alih kode terbesar kedua karena penjual ingin berpura-pura dengan pembeli sebanyak 14 ujaran. Penggunaan alih kode terbesar ketiga karena penjual ingin menyesuaikan dengan kode yang yang dipakai oleh pembeli sebanyak 6 ujaran. Penggunaan alih kode keempat karena perasaan jengkel penjual kepada si pembeli sebanyak 2 ujaran. Penggunaan alih kode terakhir karena perasaan jengkel pembeli kepada si penjual, ekspresi keterkejutan pada pihak pembeli dan penjual ingin bergurau dengan pembeli masing-masing sebanyak hanya 1 ujaran saja. Berdasarkan hasil penelitian dalam percakapan penjual dan pembeli di pasar Bantar Gebang telah terjadi alih kode dengan penyebab yang digunakan paling dominan saat jual beli berlangsung karena pembeli memiliki maksud tertentu yang disembunyikan. Dengan mengetahui jumlah penyebab alih kode yang terdapat pada percakapan penjual dan pembeli di Pasar Bantar Gebang, pembaca diharapkan dapat lebih memahami dan memaknai penyebab-penyebab alih kode dalam percakapan penjual dan pembeli tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S. Pd., M. Phil; 2). Sintowati Rini Utami, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:12
Last Modified: 23 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32965

Actions (login required)

View Item View Item