PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN REKORDER SOPRAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 56 JAKARTA SELATAN

SUSANNA SION SIBORO, . (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN REKORDER SOPRAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 56 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SUSANNA SION SIBORO.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain rekorder sopran dengan model pembelajaran Paikem pada siswa kelas VIII/8 SMP Negeri 56 Jakarta. Pada model pembelajaran PAIKEM, guru berusaha untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif bertanya dan mengemukakan gagasannya sehingga siswa menjadi kreatif (dapat memaksimalkan kemampuannya) untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan pendekatan pembelajaran pada penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart, yang diharapkan dapat mengatasi kendala-kendala siswa dalam bermain rekorder sopran oleh karena kegiatan yang dilakukan pada setiap siklusnya berkelanjutan. Pada visualisasi desain ini, terdapat langkah�langkah kegiatan penelitian yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus II, tahap kegiatan sama seperti pada siklus I yaitu terdiri dari 4 fase dan merupakan tindakan lanjutan dari siklus I, yang disusun berdasarkan hasil tes dan refleksi. Dengan demikian pada siklus II diharapkan akan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan bermain rekorder sopran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan, bahwa siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75 sebanyak 8 orang, sedangkan hasil dari siklus II sebanyak 41 orang. Prosentasi peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 47% dan siklus II menjadi 53%. Selisih prosentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 53% - 47% = 6% artinya, terjadi peningkatan pada prosentase nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebanyak 6%. Kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan keterampilan bermain rekorder sopran siswa kelas VIII/8 SMP Negeri 56 Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Edy Husni Rachim, M.Pd; 2). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:03
Last Modified: 22 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32991

Actions (login required)

View Item View Item