Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik

Hervina Kiruna Hertiansyah, . (2018) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HERVINAKIRUNA-5115134281-SKRIPSI ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan modul elektronik (2) mengetahui proses pengembangan modul, (3) mengetahui kelayakan dan (4) mengetahui keefektifan modul elektronik berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) sedangkan model pengembangan produk yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) analisis kebutuhan mengatakan sebanyak 100% siswa belum menggunakan modul elektronik (2) proses pengembangan modul pembelajaran dilakukan dalam lima tahapan utama yaitu Analysis,Design,Development,Implementation, dan Evaluation; (3) pengujian kelayakan didapatkan rata-rata 3,5 dengan kriteria “sangat layak” dan modul elektronik berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik layak digunakan untuk proses pembelajaran; dan (4) pengujian keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol didapatkan hasil nilai Th����� = 5,74 dengan kesimpulan Efektivitas penggunaan Modul Elektronik berbasis Lectora Inspire lebih tinggi atau sama dengan siswa tanpa menggunakan modul dalam meningkatkan hasil belajar Instalasi Motor Listrik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs.Purwanto Gendryonono,MT 2) Massus Subekti, S.Pd., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Oct 2019 14:36
Last Modified: 17 Oct 2019 14:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item