Pengaruh Dukungan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta)

MUTIARA NURAISYAH KARTIKASARI, . (2022) Pengaruh Dukungan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta dan juga hasil akhir mata pelajaran PPKn siswa kelas VII(Tujuh) SMP Negeri 97 Jakarta yang telah diterima pada saat semester 1. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII(Tujuh) SMP Negeri 97 Jakarta yang berjumlah 324 siswa. Sampel penelitian ini memiliki jumlah sebanyak 76 siswa yang dihitung menggunakan rumus Slovin dengan besaran error tolerance sebesar 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk uji prasyarat analisis adalah menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Sedangkan untuk uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji t, uji korelasi product moment, analisis koefisien determinasi dan juga uji regresi sederhana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menghasilkan nilai dari Sig yang diperoleh adalah sebesar 0.000 < 0.05. Kemudian untuk hasil dari uji korelasi product moment yang didapat adalah sebesar 0.000 < 0.05 dengan derajat hubungan yang dimiliki adalah sebesar 0.949. Hasil dari uji regresi sederhana sebesar adalah 0.000 < 0.05. Pengaruh yang dimiliki oleh variabel dukungan orangtua terhadap hasil belajar tergolong sangat besar yaitu sebesar 90% yang dilihat melalui uji koefisien determinasi yang telah dilakukan . Berdasarkan hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima yang memiliki arti terdapat pengaruh yang signifikan antara Dukungan Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VII(Tujuh) SMP Negeri 97 Jakarta. Besaran pengaruh antara dukungan orangtua terhadap hasil belajar PPKn di masa pandemi Covid-19 ini adalah sebesar 90% yang artinya terdapat 10% pengaruh yang dimiliki oleh faktor lainnya. Berdasarkan besaran yang dimiliki dapat disimpulkan bahwasannya semakin intens dukungan yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya di masa pandemic Covid-19 ini akan semakin mempengaruhi hasil belajar PPKn. This study aims to determine whether there is an influence between the parental support variable and the Civics learning outcome variable for class VII (Seven) students of SMPN 97 Jakarta during the Covid-19 pandemic. This study uses a survey method with a quantitative approach using a questionnaire instrument that is distributed to class VII students of SMP Negeri 97 Jakarta and also the final results of Civics subjects for class VII (Seven) SMP Negeri 97 Jakarta students who have been accepted during semester 1. The population in the study These are students of class VII (Seven) SMP Negeri 97 Jakarta, totaling 324 students. The sample of this study was 76 students calculated using the Slovin formula with an error tolerance of 10%. The data analysis technique used in this study for the analysis prerequisite test is using the normality test and linearity test. Meanwhile, to test the hypotheses carried out in this study, using the t test, product moment correlation test, analysis of the coefficient of determination and also a simple regression test. The results obtained from this study is to produce the value of Sig obtained is 0.000 < 0.05. Then for the results of the product moment correlation test obtained is 0.000 < 0.05 with the degree of relationship that is owned is 0.949. The results of the simple regression test are 0.000 < 0.05. The influence of the parental support variable on learning outcomes is very large, namely 90% as seen through the coefficient of determination test that has been carried out. Based on these results, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence between Parental Support on Learning Outcomes of Civics Subjects in the Covid-19 Pandemic Period for Class VII(Seven) students of SMP Negeri 97 Jakarta. The magnitude of the influence between parental support on PPKn learning outcomes during the Covid-19 pandemic is 90%, which means that there is a 10% influence on other factors. Based on the amount owned, it can be concluded that the more intense the support given by parents to their children during the Covid-19 pandemic, the more it will affect the learning outcomes of Civics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H. 2) Fauzi Abdillah, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14990 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:28
Last Modified: 23 Aug 2022 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33022

Actions (login required)

View Item View Item