PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERWATAKAN TOKOH DALAM CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE DI KELAS X SMAN 15 JAKARTA

LENNY APRINA, . (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERWATAKAN TOKOH DALAM CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE DI KELAS X SMAN 15 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERWATAKAN TOKOH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerpen dengan menggunakan metode Think, Pair, and Share di kelas X SMAN 15 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan kelas atau action research dan dilaksanakan di kelas X SMAN 15 Jakarta, dengan jumlah siswa 36 orang pada tahun ajaran 2009-2010. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi atau pengamatan oleh peneliti dan kolaborator dan pelaksanaan tes kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerpen pada setiap akhir pertemuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Perkembangan nilai siswa dapat dilihat pada tiap akhir pertemuan yang dilaksanakan secara kelompok dan individu. Hasil yang diperoleh dalam satu siklus menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerpen dengan menggunakan metode think, pair, and share pada setiap tes. Pada siklus pertama kemampuan mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerpen dengan menggunakan metode think, pair, and share, menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 61,52 dan pada siklus kedua terjadi peningkatan, nilai yang diperoleh siswa menunjukkan rata-rata 71,08. Berdasarkan indikator keberhasilan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus kedua menunjukkan bahwa penggunaan metode think, pair, and share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kompetensi mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerpen dengan memperhatikan aspek ketepatan mengidentifikasi jenis perwatakan (tokoh utama dan tokoh tambahan), penyajian perwatakan (analitik/langsung dan dramatik/tak langsung), fungsi perwatakan (protagonis dan antagonis), bentuk watak (sederhana/statis/pipih dan kompleks/dinamis/bulat)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Zulfahnur Z. F., M.Pd ; 2). Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:22
Last Modified: 23 Aug 2022 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33033

Actions (login required)

View Item View Item