PENGARUH TEKNIK SI KALENG PARFUM (RIDDLE OF WORD QUEST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BARU IV BEKASI BARAT

ANDINI PUTRI PRIBADINI, . (2012) PENGARUH TEKNIK SI KALENG PARFUM (RIDDLE OF WORD QUEST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BARU IV BEKASI BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik Si Kaleng Parfum (Riddle of Word Quest) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kota Baru IV Bekasi Barat. Penelitian ini dilakukan di SDN Kota Baru IV Bekasi Barat. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2011/2012, pada bulan Mei hingga Juni 2012. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design, dengan dua kelas sebagai sampel, yaitu eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tes objektif dan tes essai kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan membaca pemahaman pada kelas eksperimen sebesar 73, lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada kelas kontrol, yaitu 65,5. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (analisis ChiSquare dan Kolmogorov-Smirnov), diperoleh X2 hitung = 2,66 pada kelas eksperimen pretest. Sedangkan X2 tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 7,815. X2 hitung = 1,69 untuk posttest kelas eksperimen pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan X2 tabel = 7,815. X2 hitung < X2 tabel, maka data dinyatakan normal. X2 hitung pada pretest kelas kontrol adalah 7,11 dengan X2 tabel = 7,815, X2 hitung pada posttest kelas kontrol adalah -27,16 dengan X2 tabel = 7,815 pada taraf signifikasi α = 0,05, maka data tersebut dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji analisis perbandingan varians) tahap pertama, diperoleh F hitung 1,43 untuk data pretest dengan F tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 sebesar 1,68 dan F hitung data posttest sebesar 1,38, sedangkan F tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 1,68. Karena F hitung < F tabel atau 1,43 < 1,68 dan 1,38 < 1,68 maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung sebesar 0,49 sedangkan t tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 1,671. Karena t hitung < t tabel, berarti Ho diterima dan Hi ditolak. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik Si Kaleng Parfum (Riddle of Word Quest) tidak berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Teknik ini kurang dapat dijadikan sebagai teknik yang cukup baik untuk pembelajaran membaca pemahaman. Oleh karena itu, perbaikan, tambahan media, dan metode sangat diperlukan untuk menyempurnakan teknik ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd ; 2). Dra. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:46
Last Modified: 23 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33062

Actions (login required)

View Item View Item