PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK “JIGSAW” TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 24 JAKARTA TIMUR

IDA CHOLIFAH, . (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK “JIGSAW” TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 24 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI IDA CHOLIFAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 24 Jakarta pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011, yang dimulai dari bulan April 2011 sampai dengan Bulan Juni 2011 dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan teknik "JIGSAW" terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 24 Jakarta” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah siswa Kelas IV s/d Kelas VI dan sampelnya adalah siswa kelas IV sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 35 siswa dari Kelas Kontrol dan 35 siswa dari Kelas Eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Setelah dilakukan beberapa tes, maka nilai ݐ௜௛௧௨௡௚ yang diperoleh sebesar 2,610 sedangkan harga ݐ௧௔௕௘௟ pada taraf signifikan ߙ = 0,05 dengan Derajat Kebebasan (n-2)=68 sebesar 1,68. Maka harga ݐ௜௛௧௨௡௚ > harga ݐ௧௔௕௘௟. Dengan demikian, hipotesis nol (ܪ (଴yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan Teknik Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab Siswa ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (ܪଵ) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Teknik Jigsaw terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab Siswa diterima. ل Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Membaca Bahasa Arab antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Teknik Jigsaw dan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Teknik Jigsaw. Yaitu hasil belajar Membaca Bahasa Arab siswa yang diajarkan dengan menggunakan Teknik Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Teknik Jigsaw (lebih rendah). Hal ini disebabkan karena siswa yang diajarkan dengan Teknik Jigsaw dapat mengembangkan berbagai kemampuan dalam hal bersosialisasi, belajar mandiri serta belajar kelompok. Guru diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar dikelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hazmida Kahar, M.Pd ; 2). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:53
Last Modified: 23 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33083

Actions (login required)

View Item View Item