ANATOMI DAN PERSUASI PADA WACANA IKLAN PENGOBATAN TRADISIONAL DALAM KORAN LAMPU HIJAU

Muhammad Bani Rasyid, . (2016) ANATOMI DAN PERSUASI PADA WACANA IKLAN PENGOBATAN TRADISIONAL DALAM KORAN LAMPU HIJAU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Muhammad Bani Rasyid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode persuasif yang terdapat dalam wacana iklan serta memperlihatkan fungsi hubungan keterikatan struktur naskah iklan melalui anatomi iklan media cetak. Keunikan bahasa iklan pengobatan tradisional dalam koran Lampu Hijau merupakan ciri khas pada setiap iklan yang mampu memikat hati pembaca melalui metode persuasif. Hal itu mampu berimplikasi bagi akademisi dan copywriter untuk penulisan naskah iklan yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan data sebanyak 55 iklan pengobatan tradisional yang terdapat dalam koran Lampu Hijau pada periode Oktober 2015 – Maret 2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah wacana sebagai satuan linguistik tertinggi dengan melihat iklan sebagai objek dengan struktur lengkap yang memiliki unsur persuasif di dalamnya. Dengan memperhatikan struktur wacana iklan melalui anatomi iklan media cetak yaitu Headline, Subjudul, Bodycopy, Harga, Nama & Alamat, Kupon, dan Signature Slogan. Serta menganalisis metode persuasif wacana iklan berdasarkan kelima aspek yaitu Ajakan, Bujukan, Dramatik, Fakta, dan Pendapat. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini, ditemukan adanya struktur wacana iklan yang lengkap sebanyak 55 iklan dengan penggunaan struktur headline, bodycopy serta nama & alamat yang ada pada setiap iklan. Dari 55 iklan ditemukan 434 kalimat dengan metode persuasif yang didominasi banyak menggunakan metode persuasif fakta sebanyak 123 kalimat atau 28,4% dan dramatik sebanyak 116 kalimat atau 26,7%. Berdasarkan hasil penelitian, iklan pengobatan tradisional dapat dikatakan iklan dengan bentuk upaya persuasi yang jelas, efektif dan tepat sasaran pada pembaca dengan penggunaan metode persuasif fakta dan dramatik. Saran dalam penelitian ini, penulisan naskah iklan harus memenuhi struktur wacana iklan yang lengkap dan jelas yang disertai metode persuasif yang sesuai karakteristik iklan yang ditawarkan agar metode persuasif tersebut dapat diterima pembaca sebagai iklan yang tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asisda WAP, M.Hum ; 2). Krisanjaya, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Feb 2020 15:20
Last Modified: 04 Feb 2020 15:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item