THE USE OF SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS COMPUTER-MEDIATED COMMUNICATION (CMC) IN COLLABORATIVE WRITING

YUNINGSIH, . (2018) THE USE OF SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS COMPUTER-MEDIATED COMMUNICATION (CMC) IN COLLABORATIVE WRITING. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4_APPROVAL SHEET.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5_MOTTO.pdf

Download (63kB)
[img] Text
1_COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
3_ABSTRACT.pdf

Download (73kB)
[img] Text
9_Table of Contents.pdf

Download (102kB)
[img] Text
8_ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10_LIST OF TABLE.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN (2).pdf

Download (621kB)
[img] Text
14_CHAPTER II_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (430kB)
[img] Text
15_CHAPTER III_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (261kB)
[img] Text
12_List of Appendices.pdf

Download (70kB)
[img] Text
13_CHAPTER I_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (162kB)
[img] Text
17_CHAPTER V_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (93kB)
[img] Text
18_REFERENCES_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (155kB)
[img] Text
16_CHAPTER IV_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Appendix U - CURRICULUM VITAE.pdf

Download (117kB)
[img] Text
6_DECLARATION.pdf

Download (384kB)
[img] Text
11_LIST OF FIGURE.pdf

Download (28kB)
[img] Text
16_CHAPTER IV_YUNINGSIH_2236159321.pdf

Download (3MB)

Abstract

Gabungan penggunaan Computer-Mediated Communication (CMC) yang sinkron dan tidak sinkron dalam menulis secara kolaborasi telah meningkatkan kesempatan untuk mendalami tugas berkolaborasi secara online yang mampu memberikan keuntungan yang signifikan. Penelitian ini berfokus pada penggunaan Computer-Mediated Communication (CMC) yang sinkron dan tidak sinkron dalam menulis secara kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana proses berkolaborasi dalam menulis terjadi memlalu pengunaan dua media, - Google Hangout dan Pbworks, dan kemudian menentukan seberapa besar peningkatan kualitas tulisan mahasiswa dalam menulis teks argumen. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan tipe-tipe interaksi dalam berkolaborasi yang terjadi, dan akhirnya menemukan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan dua jenis CMC dalam menulis secara berkolaborasi. Design penelitian ini adalah studi kasus dengan kualitatif dan kuantitatif pengumpulan dan analisa data. Data didapatkan dari (1) 18 data transkrip percakapan melalui Google Hangout dan 18 data transkrip komentar melalui Pbworks, (2) 18 tulisan argumen yang ditulis mahasiswa, (3) kuesioner, dan (4) interview. Penelitian ini dilaksanakan sejak Nopember hingga Desember 2017 di Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, yang melibatkan 43 mahasiswa dari program studi Manajemen Informatika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas tulisan argumen mahasiswa baik secara holistik maupun analitik meningkat walaupun tidak terlalu tinggi. Secara keseluruhan, banyak mahasiswa masih bingung dalam memberikan claim dan proposition terhadap argumen yang mereka berikan. Sedangkan untuk jenis interaksi yang terjadi, baik yang menggunakan Google Hangout maupun Pbworks, jenis interaksi sosiocognitif lebih tinggi daripada jenis interaksi sosioafektif dan organisasional, yang dalam hal ini mempunyai arti bahwa para mahasiswa dalam berkolaborasi mereka lebih fokus terhadap penyelesaian tugas secara bersama-sama dibandingkan bergaul dengan anggota yang lain ataupun merencanakan dan mengevaluasi tugas. Terakhir mengenai persepsi dan refleksi, para mahasiswa mempunya persepsi yang positif terhadap penggunaan kedua jenis CMC dalam menulis secara berkolaborasi. ***** The combination of using synchronous and asynchronous Computer-Mediated Communication (CMC) in collaborative writing has increased opportunities to engage in collaborative tasks online. This study was aimed to investigate how the process of collaboration in writing occurred through Google Hangout and Pbworks and then to determine the progress of students’ writing quality. This study was also aimed to find out types of interactions that occurred during collaboration, and finally to find out the perceptions of students in using two CMC modes (sycnhronous and asycnhronous) in collaborative writing. The research design of this study was a case study with qualitative and quantitative data collection and analysis. The data were (1) 18 transcripts from synchronous Hangout chats and 18 transcripts from asynchronous Pbworks comments, (2) 18 students’ groups writings of argumentative text, (3) questionnaire and (4) interview. This study was conducted from November to December 2017 at School of Applied Science, Telkom University involving 43 students of Informatics Management study program. The findings showed that quality of students’ writing in argumentative texts, either holistically or analyrically, improved although it was not significantly. Mostly the students were confused in giving claims and proposition of argument they defended. Furthermore, either in using synchronous Google Hangout chat or asychronous PBWorks, the students’ sociocognitive interaction was higher than socioaffective and organizational interaction, which it meant in collaboration the students focused on resolving together the task than getting along with members or planning and evaluating the task. Lastly, regarding to students’ perception and reflection, the students perceived positively the use of synchronous and asychronous CMC in collaborative writing.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr.Darmahusni, M.A. ; 2). Dr. Muchlas Suseno, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:04
Last Modified: 23 Aug 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33097

Actions (login required)

View Item View Item