PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE CADE SIMU TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 4 JAKARTA DITINJAU BERDASARKAN PENGALAMAN BELAJAR

MUHAMMAD MAULANA YUSUF, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE CADE SIMU TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 4 JAKARTA DITINJAU BERDASARKAN PENGALAMAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan software CADe SIMU terhadap hasil belajar siswa Instalasi Motor Listrik; 2) Pengaruh pengalaman belajar terhadap hasil belajar siswa Instalasi Motor Listrik; dan 3) Pengaruh interaksi antara penggunaan software CADe SIMU dan pengalaman belajar terhadap hasil belajar siswa Instalasi Motor Listrik kelas XI Teknik Instalasi tenaga Listrik SMKN 4 Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 4 Jakarta yang sedang mengambil mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang berjumlah 67 dengan pengambilan sampel melalui simple random sampling sebanyak 67 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan factorial 2x2. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil uji validitas dan reliabilitas menggunakan Point Biserial Correlation dan Kuder-Richardson (K-R.20) menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh penggunaan software CADe SIMU terhadap hasil belajar instalasi motor listrik yang ditunjukkan pada nilai Fhitung (39,86) > Ftabel (0,05; 2:65) (3,14) pada aspek pengetahuan (kognitif), dan Fhitung (15,88) > Ftabel (0,05; 2:65) (3,14) pada aspek keterampilan (psikomotorik); 2) terdapat pengaruh pengalaman belajar terhadap hasil belajar instalasi motor listrik yang ditunjukkan pada nilai Fhitung (27,742) > Ftabel (0,05; 2:65) (3,14) pada aspek pengetahuan (kognitif), dan Fhitung (13,548) > Ftabel (0,05; 2:65) (3,14) pada aspek keterampilan (psikomotorik); dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan software CADe SIMU terhadap hasil belajar instalasi motor listrik yang ditunjukkan pada nilai Fhitung (5,23) > Ftabel (0,05; 2:65) (3,14) pada aspek pengetahuan (kognitif), dan Fhitung (6,461) > Ftabel (0,05; 2:65) (3,14) pada aspek keterampilan (psikomotorik). * The purpose of this research is: (1) The effect of using software CADe SIMU on student learning outcomes of Electrical Motor Installation in class XI Electrical Power Installation Engineering at SMKN 4 Jakarta. (2) The effect of learning experience on student learning outcomes of Electrical Motor Installation Class XI Electrical Power Installation Engineering at SMKN 4 Jakarta. (3) The effect of the interaction between the use of software CADe SIMU and the learning experience on student learning outcomes of Electrical Motor Installation class XI Electrical Power Installation Engineering SMKN 4 Jakarta. The population in this study were students of class XI of SMKN 4 Jakarta who were taking the subject of Electrical Motor Installation, totaling there are 67 with a sample of 67 students through simple random sampling. This study uses a quantitative method with a 2x2 factorial approach. Collecting data using tests and non-tests. The results of the validity and reliability test using Point Biserial Correlation and Kuder-Richardson (K-R.20) resulted in a valid and reliable instrument. Next, test requirements analysis using normality test and homogeneity test. The results of this study indicate: 1) there is an effect of using software CADe SIMU on learning outcomes of electric motor installation which is indicated by the value of Fcount (39.86) > Ftable (0.05; 2:65) (3.14) on the knowledge aspect (cognitive) and Fcount (15.88) > Ftable (0.05; 2:65) (3.14) on the skill aspect (psychomotor); 2) there is an effect of learning experience on the learning outcomes of electric motor installation which is indicated by the value of Fcount (27.742) > Ftable (0.05; 2:65) (3.14) on the knowledge aspect (cognitive), and Fcount (13.548) > Ftable (0.05; 2:65) (3.14) on the aspect of skills (psychomotor); and 3) there is an interaction effect between the use of the software CADE SIMU on the learning outcomes of electric motor installation which is indicated by the value of Fcount (5.23) > Ftable (0.05; 2:65) (3.14) on the aspect of knowledge (cognitive), and Fcount (6.461) > Ftable (0.05; 2:65) (3.14) on the skill aspect (psychomotor).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daryanto, MT. ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 14880 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2022 20:35
Last Modified: 28 Aug 2022 20:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33161

Actions (login required)

View Item View Item