PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN REVOLUSI PRANCIS (1789 – 1799) MENGGUNAKAN MEDIA ASSASSIN’S CREED UNITY DI MAN 7 JAKARTA KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2

ZACKY PERMANA HASIPUTRA, . (2022) PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN REVOLUSI PRANCIS (1789 – 1799) MENGGUNAKAN MEDIA ASSASSIN’S CREED UNITY DI MAN 7 JAKARTA KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (727kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran video game khususnya Assassin's Creed Unity di MAN 7 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian angket disertai dengan cuplikan video dan juga gambar dari media pembelajaran terkait. Sumber data utama berasal dari siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MAN 7 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dinilai cukup baru di Indonesia khususnya dalam pembelajaran sejarah pada materi KD 3.4. Hal ini terlihat dari antusias siswa untuk belajar sejarah karena media pembelajaran dengan video game dianggap menyenangkan dan inovatif oleh siswa. Motivasi belajar ini muncul dari penggunaan media video game khususnya untuk pembelajaran sejarah. Video game yang dipilih untuk menjelaskan materi Revolusi Prancis (1789 – 1799) adalah video game yang memberikan detail dan deskripsi Paris selama revolusi, meskipun gambarnya tidak sepenuhnya sesuai dengan realitas sejarah yang sebenarnya. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan video game Assassin's Creed Unity dapat digunakan sebagai media pembelajaran di MAN 7 Jakarta. This study discusses the use of video game learning media, especially Assassin's Creed Unity at MAN 7 Jakarta. This research was conducted from February to April 2022. The research method used was a qualitative method. The data collection technique used was filling out a questionnaire accompanied by video footage and also pictures from related learning media. The main data sources came from students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 MAN 7 Jakarta. The results of the study indicate that the use of learning media is considered quite new in Indonesia, especially in learning history in the KD 3.4 material. This can be seen from the enthusiasm of students to learn history because learning media with video games are considered fun and innovative by students. This learning motivation arises from the use of video game media, especially for history learning. The video game chosen to explain the material of the French Revolution (1789 – 1799) is a video game that provides details and descriptions of Paris during the revolution, although the images do not fully correspond to actual historical reality. Based on the explanation above, it can be concluded that the use of the video game Assassin's Creed Unity can be used as a learning medium at MAN 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurzengky Ibrahim, MM; 2). Dr. Corry Iriani R., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14949 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:20
Last Modified: 27 Oct 2022 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33214

Actions (login required)

View Item View Item