PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PENGENDALIAN MOTOR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ALDA RISMA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PENGENDALIAN MOTOR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Alda Risma, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAAN BERBASIS SOFTWARE EKTS DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PENGENDALIAN MOTOR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Dosen Pembimbing: Drs. Faried Wadjdi, M.Pd.,M.M dan Imam Arif R, M.T Pendidikan pada saat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang mengharuskan semua proses belajar mengajar untuk sementara waktu dilakukan secara daring. Proses belajar mengajar secara daring tentu saja kurang maksimal, salah satunya adalah tidak terlaksananya praktikum, hal tersebut akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar yang disebabkan karna pandemi, dibutuhkan secara khusus menggantikan praktikum secara langsung. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan software EKTS terhadap hasil belajar mata kuliah pengendalian motor pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain, yang dimana menggunakan bentuk desain Pre Test and Post test only control. Pada penelitian ini perlakuan yang diberikan berupa penggunaan software EKTS dan perlakuan secara konvensional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah pengendalian motor pada tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 60 mahasiswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2019 yang telah mengambil mata kuliah pengendalian motor sebanyak 30 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Software EKTS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa di mata kuliah pengendalian motor dengan nilai sebesar 0,023 untuk hasil uji independen pada df = 58 dengan taraf signifikasi 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan EKTS terhadap hasil belajar pengendalian motor baik dari aspek pengetahuan (kognitif) maupun aspek keterampilan (psikomotorik). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literatur atau pertimbangan bagi para pengajar terkait pentingnya hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan menggunakan Software EKTS. Kata Kunci: Software EKTS, Hasil Belajar, Pengendalian Motor ABSTRACT Alda Risma, THE EFFECT OF THE USE OF LEARNING MEDIA BASED ON EKTS APPLICATIONS IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC ON LEARNING OUTCOMES IN MOTOR CONTROL COURSE OF ELECTRONIC ENGINEERING EDUCATION STUDENTS, JAKARTA STATE UNIVERSITY. Supervisor: Drs. Faried Wadjdi, M.Pd.,M.M and Imam Arif R, M.T Education during the Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pandemic which requires all teaching and learning processes to be temporarily conducted online. The online teaching and learning process is of course less than optimal, one of which is the absence of practicum, this will affect student learning outcomes. To improve learning outcomes caused by the pandemic, it is necessary to specifically replace direct practicum. The purpose of this study was to determine the effect of using EKTS software on learning outcomes of motor control courses in Electrical Engineering Education Students, State University of Jakarta. This research method uses a Quasi Experimental Design method with a quantitative approach using a design, which uses a Pre Test and Post test only control design form. In this study, the treatment given was the use of EKTS software and conventional treatment. The population used in this study were all students of Electrical Engineering Education who took motor control courses in the 2021/2022 academic year consisting of 60 students and the sample used in this study used Electrical Engineering Education students class of 2019 who had taken control courses. motorcycle as many as 30 students. The results of this study indicate that the use of EKTS software has an influence on student learning outcomes in motor control courses with a value of 0.023 for independent test results at df = 58 with a significance level of 0.05. So it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an effect of using EKTS on motor control learning outcomes both from the knowledge (cognitive) and skill (psychomotor) aspects. This research is expected to be a material for literature or consideration for teachers regarding the importance of student learning outcomes that can be improved using EKTS Software. Keywords: EKTS Software, Learning Outcomes, Motor Control

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Drs. Faried Wadjdi, M.Pd., MM 2. Imam Arif R, M.T
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 15106 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:40
Last Modified: 25 Aug 2022 05:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

View Item View Item