PENGARUH PENGGUNAAN DOUBLE PISTON CALIPER DAN SINGLE PISTON CALIPER TERHADAP WAKTU DAN JARAK TEMPUH PADA PENGEREMAN SEPEDA MOTOR 125 CC

MUHAMMAD RAFIF IQBAL, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN DOUBLE PISTON CALIPER DAN SINGLE PISTON CALIPER TERHADAP WAKTU DAN JARAK TEMPUH PADA PENGEREMAN SEPEDA MOTOR 125 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Rem merupakan sistem yang sangat penting pada suatu kendaraan karena berkaitan dengan keselamatan pengendara. Ada berbagai jenis rem hidrolik yang menggunakan kaliper yang berbeda untuk proses pengereman dari masing-masing kendraan tersebut. Sehingga tingkat kepakeman rem juga berbeda. Oleh karena itu perlu penelitian mencari hal tersebut untuk sistem pengereman yang maksimal berdasarkan kaliper yang digunakan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui jarak dan waktu pengereman yang paling maksimal kinerjanya pada kendaraan sepeda motor 125 cc dengan menggunakan dua jenis kaliper yang berbeda yaitu single piston caliper dan double piston caliper. Metode penelitian dalam laporan ini termasuk kedalam penelitian komparatif dengam metode eksperimen (experimental research). Dimana, pada metode ini akan membandingkan 2 variabel yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam bentuk tabel untuk mendapatkan hasil penelitian dengan merajuk pada SNI Pengereman. Berdasarkan hasil pada laporan penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa kaliper 2 piston lebih unggul dari kaliper 1 piston dilihat dari rata-rata jarak tempuh sejauh 0,51 m (9,81 m – 9,30 m) pada pengereman roda depan dan rata rata jarak tempuh sejauh 0,42 m (4,63 m – 4,21 m) pada pengereman roda belakang serta rata -rata waktu berhenti selama 0,21 s (2,51 s – 2,30 s) dengan rata-rata pengaruh nilai efisiensi pengereman sebesar 5 % (57 % - 52 %) pada pengereman roda depan dan rata rata waktu selama 0,21 s (1,58 s – 1,37 s) dengan rata-rata pengaruh nilai efisiensi sebesar 5 % (47 % - 42 %) pada pengereman roda belakang. Sehingga menjadikan kaliper 2 piston lebih baik digunakan pada kendaraan 125 cc daripada kaliper 1 piston dilihat dari segi aspek pengereman. Kata Kunci : jarak tempuh, kaliper, rem, waktu pengereman *ABSTRACT* Brakes are a very important system in a vehicle because they are related to driver safety. There are various types of hydraulic brakes that use different calipers for the braking process of each of these vehicles. So the level of brake grip is also different. Therefore it is necessary to research to find out for the maximum braking system based on the calipers used. This test aims to determine the maximum braking distance and time for 125 cc motorcycles using two different types of calipers, namely single piston caliper and double piston caliper. The research method in this report is included in comparative research with experimental methods (experimental research). Where, in this method will compare 2 variables that are interconnected and influence each other in the form of a table to obtain research results by referring to the SNI Braking. Based on the results in this research report, it was concluded that the 2-piston calipers were superior to the 1-piston calipers seen from the average distance of 0,51 m (9,81 m – 9,30 m) on the front wheel braking and the average distance as far as 0,42 m (4,63 m – 4,21 m) on rear wheel braking and the average stopping time is 0,21 s (2,51 s – 2,30 s) with an average comparison of braking efficiency values by 5 % (57 % - 52 %) on the front wheel braking and the average time for 0,21 s (1,58 s – 1,37 s) with an average comparison of efficiency values of 5 % (47 % - 42 %) on rear wheel braking. So that makes 2-piston calipers better to use on 125 cc vehicles than 1-piston calipers in terms of braking aspects Keywords: brakes, braking time, calipers, mileage

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka, S.T., M.T. 2) Drs. Sopiyan, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 15122 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:27
Last Modified: 26 Aug 2022 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33306

Actions (login required)

View Item View Item