Siti Romsah Agustina, . (2018) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN DAKOCAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Harapan Ibu I Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Siti Romsah Agustina.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk peningkatan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di PAUD Harapan Ibu 1 melalui permainan tradisional Dakocan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Harapan Ibu 1 sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui teknik observasi berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis presentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 70%. Analisis pada siklus terdapat peningkatan konsep bilangan sebesar 43,50% menjadi 66,6% rata-rata presentase keseluruhan mengalami peningkatan, namun belum mencapai presentase yang telah disepakati. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus II. Analisis presentase keseluruhan mengalami peningkatan kembali sebesar 23,50% menjadi 94,15% berdasarkan presentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan melalui permainan Dakocan dapat meningkatkan penguasaan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Yuliani Nurani, M.Pd 2) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 10:44 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 10:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3345 |
Actions (login required)
View Item |