PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP 2 JAKARTA

NITA ERNITA, . (2016) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
SKRIPSI NITA ERNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metodeCooperative Interated Reading and Composition (CIRC) berpengaruhterhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta.Pada tahap penilaian, terdapat sepuluh aspek yang dinilai. Aspek tafsiran, kata sifat sikap, dan aspek kohesi koherensi paragraf merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling tinggi dari aspek yang lain. Pencapaian ketiga aspek tersebut menunjukkan 93% siswa sudah mengerti mengenai tafsiran, kata sifat sikap, dan kohesi koherensi paragraf pada saat kegiatan postes di kelas eksperimen, sedangkan aspek orientasi merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling rendah dari aspek yang lain yaitu sebesar 50%. Berdasarkan hasil di atas, metodeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran teks ulasan selain itu, dapat diimplikasikan terhadap materi pembelajaran teks diskusi pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2.Guru disarankan melakukan persiapan yang matang dengan memperkaya referensi tentang macam-macam teks ulasan yang nantinya akan diberikan kepada siswa agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd ; 2). N. Lia Marliana, S.Pd, M.Phil (Ling)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Feb 2020 11:08
Last Modified: 06 Feb 2020 11:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item